Tips Cara Memahami Musik Jazz Dalam Proses Belajar

Sumber gambar :
https://www.freeimages.com/search/jazz

Di Indonesia musik jazz memang bukan menjadi musik yang banyak digandrungi sebagaimana layaknya musik pop, dangdut, maupun reagae. Hal ini disebabkan karena sedikitnya pecinta jazz dan juga cara belajarnya yang sedikit lebih susah dari pada belajar musik yang lainnya.
Tetapi memang alasan yang paling dominan adalah musik jazz kurang begitu diminati, sehingga para musisi di Indonesia harus berfikir dua kali untuk memilih jazz sebagai genre musik.

Padahal bila melihat di negara-negara barat, musik jazz merupakan salah satu musik yang paling banyak di minati selain musik-musik remix, musik blues, dan  juga musik country. Sehingga wajar saja pemusik jazz kebanyakan datang dari negara barat karena memang musik jazz di sana sudah mengalami perkembangan yang baik.

Meski kurang diminati di Indonesia bukan berarti di Indonesia tidak ada yang memainkan musik jazz, banyak musisi Indonesia yang sudah “Go Internasional” karena musik jazz. Hanya saja televisi menayangkan mereka tidak sesering musik dangdung ataupun pop. Sehingga dengan demikian saya belum bisa memberikan data.

kali ini saya akan beri sebuah tips cara memahami musik jazz ketika dalam proses belajar. Banyak yang berkomentar bahwa musik jazz adalah salah satu musik yang sulit untuk dipelajari. Maka dari itu di sini akan saya kemukakan caranya agar musik jazz bisa lebih mudah dipahami dalam proses belajar.

Menguasai Skala Standar

Cord standar jazz adalah teori dasar utama yang harus dikuasai untuk bisa benar-benar memahami musik jazz. Dan bahkan bisa dikatakan bila anda ingin bisa musik jazz atau anda ingin menguasai musik jazz maka harus menguasai cord standar jazz telebih dahulu. Memang terdengar sepele tetapi inilah tahapan untuk menjadi seorang profesional.

Bagi yang sudah terbiasa memainkan musik pop mungkin akan terasa sedikit kaget karena cord yang biasa digunakan pada musik pop berbeda dengan cord yang biasa digunakan pada musik jazz. Sehingga tentu anda akan seperti baru belajar gitar ketika anda sudah menguasai cord standar pop dan kemudian mencoba belajar cord standar jazz. Berikut gambar cord dasar musik jazz.

Sumber gambar : http://guitarhippies.com/beginner-jazz-guitar/



Praktek Memainkan Lagu-Lagu Jazz

Skala cord gitar standar akan sangat sulit untuk dikuasai maupun dihafal bahkan menghafal cord standar musik jazz bisa menjadi kegiatan yang membosankan bila tidak diiringi dengan praktek memainakan sebuah lagu. Untuk itu praktek memainkan lagu-agu jazz menjadi tahapan yang harus dilakukan untuk bisa menguasai musik jazz.

https://www.freeimages.com/search/jazz


Anda bisa memulai praktek memainkan lagu jazz yang lebih mudah terlebih dahulu. Di sini saya mempunyai sebuah rekomendasi lagu jazz yang bisa dimainkan bagi pemula.  Lagu jazz yang dimaksud adalah Summertime, Autumn Leaves, Take a A Train, Blue Bossa, dll.

Baru setelah lagu-lagu jazz di atas anda bisa membawakannya dengan baik, anda bisa memainkan lagu jazz yang lebih sulit seperti mungkin All the Things You, Body and Soul, Stella By Starlight, Joy Spring dan Donna Lee.

Itulah dua poin untuk bisa memahami musik jazz dalam proses belajar. Bila anda sudah paham tentang apa yang harus anda lakukan untuk menjadi pemain musik jazz hebat, langkah selanjutnya adalah konsisten berlatih. Dari latihan itulah anda akan secara alami menjadi seorang profesional dalam musik jazz.

Sumber: http://guitarhippies.com/beginner-jazz-guitar/


Tag : tips
0 Komentar untuk "Tips Cara Memahami Musik Jazz Dalam Proses Belajar"

Back To Top