Cara Memaksimalkan Nada Yang Didengar Sehingga Bisa Kita Tirukan Dengan Gitar Kita





Syarat untuk menjadi seorang solois hebat terlebih dia adalah solois gitar, perlu kiranya mempunyai pendengaran yang benar-benar tajam. Sehingga setiap nada yang anda dengarkan dalam sebuah instrumental bisa segera anda tirukan.

Mengapa kiranya harus memakai pendengaran..?, bukanya sekarang sudah ada sebuah tabulature yang akan membuat kita lebih mudah untuk memainkan instrumental..? Ini tentu pertanyaan yang sering timbul di benak anda dan kebanyakan para gitaris pemula.

Yang mana mereka memang banyak mencari cara instans untuk bisa memainkan instrumental. Yaiu dengan menggunakan tabulatur atau not balok bukan menggunakan pendengaran.

Not balok dan juga tabulature adalah media untuk belajar, sedangkan pendengaran adalah senjata untama untuk menjadi gitaris hebat. Gitaris yang biasa menggunakan not balok dan juga tabulature biasanya menjadi ketergantungan dan juga kurang mempunyai kepekaan pendengaran terhadap suatu instrumen.

Ketika gitaris yang sudah bergantung dengan tabulature dan not balok biasanya selamnya dia akan menjadi gitaris yang selalu bergantung dengan tabulature dan not balok. Sebaliknya pendengaran yang menjadi senjata utama gitaris hebat mereka lupakan.

Untuk bisa memaksimalkan nada yang didengar sehingga bisa kita tirukan dengan gitar kita, anda perlu mengikuti sebuah tips di bawah ini. Tipsnya cukup mudah dan tidak pake ribet, langsung saja kita simak.

Mendengarkan Dengan Terlebih Dahulu Mengetahui Teorinya


Untuk bisa menggunakan pendengaran guna menangkap nada instrumen yang sedang dimainkan perlu kiranya anda belajar banyak tentang skala-skala cord dan juga skala melodi. Insting pendengaran anda akan menjadi tajam dan terbentuk bila anda sudah menguasai banyak skala dalam permainan gitar.

Untuk mendapatkan skala cord gitar dengan berbagai jenis, misal A mayor, A minor, A Bass, A sus, A Maj, dan sebagainya, bisa anda dapatkan dengan banyak membaca buku. Baik yang anda dapat di toko buku atau yang anda dapat dengan cara mendownload di internet.

Mendengar Sekaligus Praktek Dengan Gitar Anda

Setelah mendapatkan pengetahuan banyak tentang skala cord dan melodi mungkin anda perlu sebuah praktek untuk menguji pendengaran anda. Siapkanlah gitar dan instrumen musik serta siapkan fokus untuk mengikutinya setelah intro selesai.

Tidak satu kali mendengar anda langsung bisa mengikutinya, tetapi harus berulang kali anda mendengarkan instrumen hingga otak anda benar-benar mengenal instrumen tersebut. Baru setelah otak  anda benar-benar merasa familiar dengan instrumen, anda bisa coba aplikasikan imajinasi anda dalam permainan gitar anda. Ini adalah dasar untuk bisa menirukan instrumen hanya dengan menggunakan pendengaran.

Orang yang sudah mahir tidak membutuhkan waktu lama untuk menirukan instrumen yang dia dengar. Dia hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mengingat dan mengenal secara akrab instrumen, baru kemudian bila instrumen sudah lekat dalam pikirannya dia akan menuangkannya dalam permainan gitarnnya.

Mendengarkan Instrumen dari solois yang berbeda


Bukan sesuatu yang mudah memang untuk bisa segera akrab dengan isntrumen yang didengar. Terlebih bila instrumen yang didengarkan terlalu banyak mengandung distorsi, sehingga kurang begitu jelas untuk didengar.

Solusinya adalah dengan cara mendengarkan instrumen dari solois yang berbeda. Dengan mendengarkan instrumen dari solosis yang didengar maka akan memudahkan anda dan membantu anda untuk lebih cepat akrab dengan intrumen yang hendak anda mainkan.

 Hal ini dikarenakan setiap solois juga membawa karakter suara instrumen yang berbeda-beda yang memungkinkan anda bisa lebih cepat akrab atau tidak lebih cepat akrab dengan instrumen yang hendak dimainkan. Sehingga mendengarkan instrumen dari solois yang berbeda menjadi solusi.


Memaksimalkan nada yang didengar sehingga bisa ditirukan dalam permainan gitar kita memang butuh proses. Dan prosesnya tidak sebentar mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. Untuk itu terus giat berlatih dan berlatih agar pendengaran anda terhadap suatu instrumen menjadi baik. 

Sumber: 
http://guitarhippies.com/beginner-jazz-guitar/

https://www.freeimages.com/search/solo-guitar

Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Nada Yang Didengar Sehingga Bisa Kita Tirukan Dengan Gitar Kita"

Back To Top