Langkah-Langkah Menjadi Mahir Dalam Bermain Gitar

Bermain gitar dengan  baik seperti gitaris-gitaris handal menjadi impian semua gitaris yang masih dalam tahap belajar (New bie). Yang mana hal tersebut memang merupakan  tujuan yang mesti di capai oleh para gitaris-gitaris yang masih dalam tahap belajar. 

Dengan menjadi profesional seorang gitaris bisa dikatakan telah berhasil dalam bidangnya, karena adanya sebuah pencapaian yang telah didapatkan. Sehingga gitaris tersebut layak untuk mendapat sebuah pujian dan layak pula mendapat gelar sebgai seorang maystro.

Namun untuk menjadi ahli tidaklah bisa dilakukan dengan mudah seperti halnya membalikan telapak tangan. Karena memang ada tahapan yang harus dilewati dan juga dilakukan untuk menjadi seorang ahli.

Sabar dan juga kerja keras menjadi kunci utama untuk bisa menjadi ahli. Dan tanpa adanya rasa sabar dan kerja keras dalam hati maka mustahil orang tersebut bisa menjadi ahli dan mahir dalam memainkan gitar.

Di bawah ini akan kami sajikan sebuah informasi langkah-langkah menjadi mahir dalam bermain gitar. Langkah-langkah di bawah ini bisa anda lakukan dengan tekun sebagai jalan untuk menjadi seorang ahli.

Latih Pengetahuan Tentang Gitar Anda Dengan Praktek Setiap Hari

Untuk bisa mahir dalam bermain gitar hal yang harus dilakukan adalah praktek secara langsung. Jangan terlalu banyak mempelajari teori, tetapi tidak dipraktekan. Sehingga teori yang tanpa praktek tersebut hanya menjadi teori semata dan tidak berarti apa-apa.

Latih setiap hari dan praktekan dengan memainakan gitar sedikit pengetahuan yang telah anda dapat. Dengan demikian anda bisa cepat menguasai banyak tehnik dalam gitar. Karena anda belajar sebuah tehnik dalam permainan gitar dengan secara bertahap.

Di Bawah ini akan  saya sajikan tentang sebuah tabulatur yang bisa anda gunakan untuk senam jari. Senam jari sendiri sangat penting untuk membuat jari anda lebih lentur. Sehingga dapat menguasai banyak tehnik dalam permainan gitar.

E1------2-----3------4--------------------------------------------------------
A--------------------------1------2-----3------4------------------------------
D--------------------------------------------------1------2-----3-------4—--
G----------------------------------------------------------------------------1--


Keterangan:

a.  Angka menunjukan fret yang harus di pencet

b. Berbeda freet berbeda pula jari yang di gunakan, angka 1 untuk jari telunjuk, angka 2 untuk jari tengah, angka 3 untuk jari manis, dan angka 4 untuk klingking.


Tumbuhkan Semangat Belajar Dari Buku Maupun Dari Orang Lain  

Jangan pernah puas setelah anda pandai dan bisa menguasai sedikit tehnik yang telah anda pelajari. Bila anda memang sudah berhasil mempelajari sedikit tehnik dalam permainan gitar, sehingga anda tidak hanya pandai teori tetapi juga praktek, hal yang harus anda lakukan adalah belajar tehnik lain yang lebih sulit dan yang belum anda kuasai.

Pelajarilah tehnik lain, namun dalam mempelajarinya harus dimulai sedikit demi sedikit. Lakukanlah praktek secara langsung, setelah anda mendapatkan pengetahuan baru. Latih tehnik baru yang anda dapat secara berulang-ulang dan terus menerus.

Jangan pernah berhenti mencoba bila memang anda belum bisa menguasai tehnik tersebut. Bila memang anda lelah berhentilah sejenak utuk beristirahat, tetapi jangan pernah behenti hingga anda benar-benar bisa.

Banyak sumber pengetahuan tentang belajar gitar yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan buku panduan, dan juga orang yang sudah mahir dalam bermain gitar. Manfaatkanlah dengan baik kedua sumber pengetahuan tersebut dengan baik.

Serta mulailah bekerja keras untuk melatih dan melatih tehnik-tehnik yang telah anda dapat dari kedua sumber pengetahuan tersebut. Dengan demikian anda akan cepat sampai pada tahapan mahir.


Terlalu Terpaku Dengan Buku, Tetapi Sekali-kali Bertanya Dengan Yang Lebih Pandai

Buku memang menjadi sumber pengetahuan yang terpercaya, karena berbagai tehnik gitar bisa anda dapatkan di dalam buku panduan. Namun demi kemudahan anda dalam proses belajar ada baiknya anda juga sering bertanya kepada orang yang lebih mahir.

Dengan banyak membaca buku serta banyak bertanya kepada orang yang lebih mahir, maka akan memberikan pemahaman yang lebih kepada anda. Karena selain anda mengerti teori anda juga mengerti praktek secara benar dari orang yang lebih mahir dalam bermain gitar.

Itulah langkah-langkah menjadi mahir dalam bermain gitar yang harus anda lakukan. Dengan langkah-langkah yang telah di sebutkan di atas maka anda akan segera berpindah level dari amatir menjadi mahir.

Tag : tips
0 Komentar untuk "Langkah-Langkah Menjadi Mahir Dalam Bermain Gitar"

Back To Top