Metode Mencari Melodi Gitar

Melodi adalah sebuah suara yang dihasilkan dari alat musik melalui petikan tunggal, meskipun tidak terkadang ada sebuah melodi yang melibatkan lebih dari satu senar. Dengan demikian bisa kita artikan bahwa melodi adalah sesuatu nada yang diciptakan berdasarkan dengan sebuah dasar nada, yaitu berupa do, re, mi, fa, so, la, si, dan do, dan bentuknya adalah sebagai perpaduan intro.

Inilah sebuah dasar nada yang harus diketahui oleh para gitari-gitaris khususnya para pemula. Dengan mengetahui 7 dasar nada tersebut, anda akan bisa lebih leluasa mencari melodi, dan bahkan mencari sebuah melodi lagu yang anda kehendaki. Dan semuanya bisa diawali, dan bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memahami 7 nada dasar tersebut.  

Dengan memahami 7 dasar nada tersebut akan membuat kuping kita lebih peka terhadap sebuah suara nada. Sehingga kepekaan tersebut bisa kita gunakan untuk mencari sebuah melodi dengan cara yang mudah dan cepat. Dengan memahami karakter setiap bunyi nada dari dasar nada tersebut membuat kita lebih mudah dalam menguasai melodi. 

Banyak metode yang bisa anda gunakan untuk mencari  melodi gitar. Kini tinggal anda mau menggunakan metode yang bagaimana, ada yang sedikit sulit, ada yang sulit, dan ada yang mudah. Tetapi tingkat kesulitan dalam metode mencari melodi ini bisa anda kuasai bila memang anda tekun dan rajin mempelajari. Berikut beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencari melodi.

Metode Menggunakan Indra Pendengar
Metode yang pertama yang akan saya kenalkan untuk anda adalah metode mencari melodi dengan menggunakan pendengaran. Umumnya ini sering digunakan oleh para pemain-pemain gitar yang sudah mahir dan sudah lama mempelajari gitar. Cara kerjanya adalah pemain gitar mendengarkan terlebih dahulu melodi yang hendak dicari, lalu pemain gitar akan mencari not-not dalam gitar yang hanya mengandalkan pendengarannya dan instingnya.

Metode ini bisa digunakan apabila anda sudah menguasai dasar nada yang sudah disebutkan dimuka tadi. Dengan menguasai dasar nada tersebut, membuat pendengaran dan otak anda akan dengan mudah mencerna nada yang anda dengarkan dan kemudian memperaktekannya dalam permainan gitar. Sehingga melodi yang hendak anda cari bisa diketemukan.

Metode ini cukup baik dan efektif, tetapi ada sebuah kelemahan yang dimiliki oleh metode ini yang kadang timbul. Yaitu kurang mendetailnya melodi yang dicari, sehingga melodi yang anda cari tidak begitu sesuai dengan melodi yang aslinya. Hal ini tentu disebabkan keterbatasan  dari indra pendengar kita, yang kadang tidak bisa mendengarkan melodi dengan baik yang sudah terkena efek distorsi.

Tetapi metode ini sudah cukup baik digunakan untuk sebuah jenis melodi-melodi yang pelan. Sedangkan untuk mencari melodi-melodi yang temponya cukup cepat dan mempunyai tingkat kesulitan yang luar biasa, ada baiknya anda membaca tips yang kedua dari saya yang akan saya sampaikan di bawah ini. 

Metode Menggunakan Tab Gitar

Metode yang selanjutnya adalah metode mencari melodi gitar dengan menggunakan tab gitar. Cara ini adalah cara yang sangat mudah yang bisa digunakan untuk mencari sebuah melodi lagu. Mengingat dengan metode ini, anda akan dipandu dengan barisan angka yang menunjukan fret yang memungkinkan untuk sangat mudah dipahami.

Metode ini juga baik digunakan sebagai cara cepat dalam menguasai melodi. Mengingat anda hanya perlu menghafal letak pola suatu melodi dan kemudian mempelajari temponya. Dan hal tersebut tidalah membutuhkan waktu lama seperti ketika anda menggunakan metode pendengaran anda yang terbatas tersebut.

Metode ini juga sangat efektif digunakan untuk para pemula, yang mana kaitan pendetailan nada yang terkandung dalam metode ini sangat baik. Sehingga tidak ada kemungkinan berbeda dengan melodi sebuah lagu yang sebenarnya. Sehingga melodi yang dihasilkan dari metodi mencari sebuah melodi dengan metode tab gitar bisa benar-benar menghasilkan melodi yang mirip dengan aslinya. 

Metode Menggunakan Video Tutorial Melodi Gitar

Metode yang terakhir yang bisa diguanakn untuk mencari sebuah melodi adalah dengan menggunakan metode belajar menggunakan video tutorial sebuah melodi lagu. Video yang demikian banyak termuat dan tersimpan di situs youtube. Anda hanya perlu memasukan kata kunci lagu yang hendak anda cari melodinya lalu enter dan muncul video deretan tutorial melodi gitar.

Cara ini juga sangat efektif digunakan, karena dengan menggunakan video pembelajaran mencari melodi, mencari melodi sebuah lagu bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan. Karena selain dari pada sebuah teori yang anda dapat anda juga langsung mendapatkan praktek dengan visual gambar dari video tersebut. Sehingga anda akan lebih mudah dalam melakukan praktek.

Tetapi meski belajar menggunakan video adalah cara yang paling efektif, tetapi perlu diketahui juga tidak semua video memberikan sebuah tutorial yang mendetail dan mudah dipahami. Untuk itu carilah video yang mudah dipahami khusunya dari penyampaian. Selain itu kualitas suara video, dan kualitas gambar video sangat berpengaruh bagi perkembangan belajar anda dalam mencari sebuah melodi. Untuk itu carilah dengan bijak video yang mudah dipahami.

Demikian sebuah informasi tentan metode-metode yang sering digunakan untuk mencari sebuah melodi. Mudah-mudahan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda sekalian.  
Tag : tips
0 Komentar untuk "Metode Mencari Melodi Gitar"

Back To Top