3 Poin Penting Untuk Gitaris Ketika Hendak Tampil Yang Sering Dilupakan



Bermainkan gitar tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara, bermain gitar perlu dilakukan dengan cara yang benar, sehingga hasil permainan gitarpun bisa bagus. Sedangkan bermain gitar dengan cara dan metode yang tidak benar maka hanya akan membuang-buang waktu saja, karena sudah pasti hasil permainan gitar tidak akan dan tidak pernah bagus.


Hanya saja belum banyak para pecinta gitar yang paham akan hal pentingnya memainkan gitar dengan cara dan metode yang benar. Masih banyak orang-orang yang justru menggunakan cara dan metode yang salah, tetapi tidak pernah mereka sadari dan tidak pernah mereka ketahui karenanya mereka sendiri tidak mau untuk mencari tahu kesalahan tersebut.


Mernurut mereka kesalahan dalam metode dan cara yang digunakan dalam memainkan gitar ini adalah metode serta cara yang menurut mereka merupakan metode dan cara yang sudah benar. Mungkin hal tersebut karena dipengaruhi dari minimnya informasi, dan juga ketidakmauan untuk belajar lebih dalam lagi tentang gitar.


Berikut akan kami berikan informasi terkait metode dan cara benar bermain gitar yang kadang sering dilupakan, dan bahkan tidak pernah dipakai sama sekali. Padahal dengan 3 metode ini sendiri, hasil permainan gitar tidak bisa dikatakan bagus karena dimainkan tidak sesuai dengan metode dan cara yang benar.


Tempo Harus Diperhatikan


Tempo atau suara cepat, lambat, dan sedangnya suatu alunan musik, yang dimainkan satu alat musik atau lebih dalam kelompok musik ataupun solo permainan. Tempo sendiri sangat penting untuk diterapkan dalam permainan musik, karena tempo sendiri merupakan patokan dalam memainkan musik yang bisa cepat, atau lambat suatu alunan musik sehingga bisa menghasilkan musik yang selaras dan indah untuk didengarkan.


Bayangkan bila permainan musik tidak mempunyai patokan dalam memainkan musik untuk menentukan cepat, lambat, sedangnya suatu permainan musik (Tempo), hasil permainan musik tentu tidak akan beraturan dan sama sekali tidak enak untuk didengar. Dan bayangkan bila hal tersebut terjadi dipanggung, tentu tidak ada lagi para penonton yang mau mendengarkan permainan musik tanpa tempo tersebut.


Tempo harus ada dalam permainan musik dan tempo tidak boleh dihilangkan dalam permainan musik. Karena tempo sendiri merupakan syarat mutlak untuk bisa menghasilkan pemainan-pemainan musik yang benar-benar bisa dinikmati. Selain itu dengan tempo kita bisa menyelaraskan berbagai alat musik yang memiliki karakter suara yang berbeda-beda, sehingga karakter suara yang berbeda-beda itu bisa menjadi satu dan menjadi musik yang benar-benar menghibur.


Kesiapan Alat Musik Yang Digunakan


Tampil dengan gaya permainan musik yang mengagumkan memang perlu tetapi untuk bisa tampil dengan permainan yang memukau haruslah diperhatikan terlebih dahulu segala perlengkapan alat musik yang hendak digunakan. Dari mulai sound sistemnya, gitar, drum, bass, dala alat musik pelengkap lainnya.


Pastikan alat-alat musik yang hendak digunakan untuk tampil sudah di cek kesiapannya sebelum tampil. Dengan melakukan pengecekan sebelum tampil maka artinya kita bisa mengantisipasi kerusakan-kerusakan yang mungkin saja ada pada alat musik kita.


Sehingga kita bisa menggantinya dengan alat musik yang lain, atau bila masih bisa diperbaiki maka kita lakukan perbaikan dan barulah alat musik bisa digunakan untuk tampil dalam hadapan banyak pendengar.


Kesiapan Fisik Anda


Penunjang menghasilkan penampilan terbaik dihadapan banyak orang adalah dengan kesiapan fisik yang harusnya anda persiapkan. Karena bila fisik tidak kuat maka akan berdampak besar bagi kualitas penampilan anda, dan anda tidak bisa menghasilkan penampilan yang maksimal.


Pastikan perut tidak dalam keadaan kosong, karena tentu akan mempengaruhi konsentrasi saat berada di panggung yang hingga akhirnya akan menurunkan kualitas permainan musik anda. Untuk itu sempatkanlah untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum hingga akhirnya anda naik ke panggung.


Minum yang cukup juga menjadi faktor penting untuk mendorong kesiapan fisik anda. Orang yang kurang minum biasanya sulit untuk konsentrasi karena predaran darah kurang bisa mengalir ke seluruh tubuh secara lancar. Sehingga kurang minum juga bisa mengakibatkan kurangnya kualitas penampilan anda.


Kesiapan fisik lainnya juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari, seperti kostum, badan yang sehat, dan suara yang merdu. Kostum, badan sehat, dan suara yang merdu, harus bisa siap untuk menunjang penampilan dalam bermusik anda ketika di panggung, sehingga penampilan anda bisa lebih sempurna.

Tag : tips
0 Komentar untuk "3 Poin Penting Untuk Gitaris Ketika Hendak Tampil Yang Sering Dilupakan"

Back To Top