Tehnik Musik Dangdut Dan Segala Peralatan Penunjang Gitar Yang Harus Disiapkan


Musik dangdut adalah musik yang khas dengan gendang dan sulingnya. Meski di dominasi dengan alat musik pukul dan tiup, namun musik dangdut juga di dominasi dengan alat musik petik seperti gitar. Meskipun terkadang keberadaan gitar hanya di jadikan sebuah pelangkap saja. Sehingga hasil permainan musik dangdut lebih kaya suara.

Meski sering dikatakan musik santai, karena alunan gendang yang begitu lambat dan syahdu, namun adapula musik dangdut yang memang memiliki tempo cepat, serta mempunyai tingkat kesulitan dalam memainkanya. 

Salah satu musik dangdut yang memakai gitar sebagai ciri khas adalah grup musik Soneta, yang dipimpin oleh Rhoma Irama. Gitar yang digunkaan Rhoma sangat khas, karena tidak menggunakan Hand pada freeatboard gitar.

Grup musik dangdut ini begitu fenomenal setelah penampilan yang begitu memukau dan juga lagu-lagu andalan berhasil menyihir semua kalangan masyarakat. Dan kesuksesan membuat membuat musik dangdut Rhoma tidak lain dan tidak bukan karena kepiawaiannya dalam menciptakan lagu dan juga memaninkan musik.

Sehingga untu suara gitar yang digunakan mempunyai karakter suara yang khas, serta lain dari pada yang lain. Itulah kunci kesuksesan dari pada Rhoma Irama dalam menghantarkan Soneta dikenal di Seluruh dunia.

Berikut akan saya berikan sebuah solusi untuk menciptakan musik dangdut dengan baik, serta peralatan-peralatan yang harus disiapkan untuk membuat musik dangdut.

Gitar

Untuk gitar sendiri anda bisa memilih gitar yang memang mempunyai suara yang diperuntungkan untuk musik dangdut. Salah satu gitar yang baik untuk diaplikasikan dalam musik dangdut adalah gitar Ibanez.

Ibanez mempunyai suara yang sangat tepat bila harus diaplikasikan dalam musik dangdut. Karena karakter gitar Ibanes sendiri yang bila diefek suaranya begitu jelas, meskipun menggunakan distorsi sekaligus.

Adapun merek gitar lain seperti Fender, Rockwell, dan paul gilbert kurang begitu cocok untuk diaplikasikan ke dalam musik dangdut. karena karakter suara gitar yang sangat tidak cocok dengan dangdut yang di dalamnya mendominasikan permainan gendang dan juga sruling.
  
Efek kodok
Untuk bisa bermain musik dangdut menggunakan gitar yang terpenting adalah pandai dalam memetiknya. Sehingga kelengkapan seperti efek tidak terlalu penting. Anda sudah bisa membuat musik dangdut hanya dengan menggunakan gitar dan efek kodok serta sebuah ampli untuk mengeluarkan suara.

Efek Kodok sendiri mempunyai pilihan dua suara, suara natural dan suara distorsi. Suara natural biasanya digunakan untuk memainkan Ritme, sedangkan suara distorsi digunakan untuk memainkan melodi. 

Sound Sistem Yang Bagus

Sound Sistem dengan kualitas bagus juga menjadi penentu hasil musik dangdut yang anda mainkan bagus atau jelek. Sound sistem inilah yang memproses sebuah suara yang dihasilkan dari gitar dan kemudian mengirimnya ke ampli dan menjadi sebuah suara.

Sehingga untuk bisa membuat musik dangdut yang baik maka gunakanlah sound sistem yang berkualitas. Dengan demikian anda bisa membuat permainan musik dangdut yang juga berkualitas. 

Ketrampilan Dalam Memainkan Gitar Dan Juga Peralatan Di Dalam Gitar Itu Sendiri  

Permainan gitar tidak akan pernah menjadi permainan yang bagus bila anda tidak mempunyai sebuah kemampuan memainkan gitar yang bagus. Sehingga walaupun anda mempunyai gitar dan peralatan yang sangat lengkap tidak akan bisa menghasilkan permainan gitar yang bagus bila anda tidak mempunyai skill.

Untuk itu skil menjadi modal utama untuk bisa membuat musik dangdut yang benar-benar menghibur. Dengan memadukan skil dan kelengkapan peralatan yang digunakan maka permainan musik dangdut menggunakan gitar akan bisa sempurna.

Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik Musik Dangdut Dan Segala Peralatan Penunjang Gitar Yang Harus Disiapkan"

Back To Top