Tehnik bermain instrumen dengan piano



Mempelajari instrumen piano memang perlu membutuhkan ktaltenan dan ketekunan. Yang mana instrumen sebenarnya sangat mudah di lakukan namun bagi yang memang sudah bisa. Selain instrumen juga memberikan ketenangan bagi pemainnya dan orang yang ada sekitarnya.
Terlebih bila di bawakan dengan alat musik piano, maka nilai-nilai romantisnya begitu tinggi. piano memang mempunyai ciri khas suara yang sangat romantis, sehingga wajar saja alunan piano biasa di putar pada sebuah pesta-pesta yang romantis. Dengan adanya alunan dari denting piano maka pesta akan terkesan lebih indah.
Memainkan intrumen piano sekarang juga telah ada kejuaraanya di dunia. Yang mana Indonesia juga mempunya pianis muda berbakat yang pernah memenangkan festifal piano yang ada di Amerika. Di adalah Alexsander, yang mana meski usianya bergitu muda , namun skil bermain pianonya dapat menghipnotis jutaan warga dunia.
 Memainkan instrumen membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar anda tidak memencet tune yang salah. Adapun saya akan memberikan tata cara membuat instrumental menggunakan piano. Yang mana ini bisa anda terapkan sebagai latihan anda di rumah. Berikut info yang saya akan sampaikan.
1.      Pelajari nada lagu
Nada adalah bunyi yang di hasilkan dari not-not dalam piano, nada sendiri bervariasi ada yang tinggi, sedang dan rendah. Nada dalam alat musik piano terdiri atas 7 nada. Yang mana meliputi, do,re,mi,fa,so,la,si. Dengan nada-nada yang terdiri dari 7 tingkatan tersebutlah instrumen bisa di buat.
Dalam sebuah lagu nada memang tidak menentu, dan tempo dalam suatu lagu pula juga tidak pernah menentu, ada yang cepat dan adapula yang lambat. Apabila anda hendak memainkan dan membuat intrumen, tentulah langkah awalnya adalah memahami dengan baik nada yang ada di lagu tersebut.
Pemahaman nada terhadap lagu yang baik juga akan memudahkan anda dalam menerapkan dan membuat instrumen. Karna memang anda sudah memahami secara benar nada yang ada di dalam lagu tersebut. kapa nada tersebut tinggi, dan kapan pula nada tersebut rendah ataupun sedang.
2.      Mencari cord lagu
Cord adalah gabungan berupa nada-nada dalam alat musik, yang kemudian di susun secara sistematis sehingga di sebut cord. Kunci cord dalam piano juga sama halnya dengan alat musik yang lain, seperti gitar. Yang mana terdiri dari 7 nada , yang meliputi ,c,d,e,f,g,a,bb,b, tersebut.
Cord dalam sebuah lagu ada yang memang sama dan ada pula yang memang berbeda. Lagu-lagu pop pada umumnya banyak yang menggunkan cord-cord setandar , yang terdiri dari ,c,g,am,em,f,c,dm,g. Cord setandar tersebut banyak di gunakan dalam lagu-lagu pop, memang tidak semua tetapi hampir sebagian besar.
Dan bila anda hendak mebuat instrumen , tentulah anda harus mencari cordnya terlebih dahulu. Mencari cord dalam sebuah lagu bermacam-macam bentuk dan caranya. Ada yang memakai indra pendengaran dan adapula yang mencarinya di interner. Hal tersebut bisa anda terapkan sebagai cara mengetahui cord dalam lagu.
3.      Mulai memencet tune
Yang terakhir adalah tinggal anda mencari nada-nada yang ada di dalam piano atau memencetnya. Yang mana dengan pemahaman nada , dan sebuah cord tentu akan memudahkan anda dalam memcari nada yang ada dalam sebuah lagu.bagi pemula memang agak sulit, namun bila mau mencobanya tentulah mudah.
Sebuah rumus membuat instrumen adalah yang mana anda janngan penah menekan not yang jauh dari cord lagu yang anda pilih. Karna memang sebuah melodi ada di dalam dan tidak jauh dari cord tersebut. sehingga pencet-pencet hingga anda menemukan nada yang memang pas dan sesuai. Cara ini adalah cara otodidak belajar piano menggunakan pendengaran.
Membuat instrumen adalah hal yang memang cukup sulit untuk di jalankan . namun bila anda mau mencobanya tentulah tidak ada yang sulit. Selain itu latihan dengan rutin adalah cara agar anda bisa bermain piano dengan baik. sehingga anda dapat dengan mudah memainkan instrumen. Demikian yang bisa saya sampaikan, trimakasih.


Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik bermain instrumen dengan piano"

Back To Top