Tehnik membuat Instrumen fingerstyle


Tehnik gaya jari atau yang akrab di sapa fingerstyle adalah tehnik yang memadukan ,melodi,bass,sekaligus rithem. Dan tak jarang juga permaina fingerstyle di padukan dengan permainan perpusi. Dan perpaduan inilah yang membuat fingerstyle menghasilkan kombinasi suara yang sangat kaya.
Sungha jung adalah gitaris fingerstyle yang sudah sangat terkenal. Berkat kepiawaiannya membuat instrumen fingerstyle lagu hits kini namanya di kenal sebagai gitaris fingerstyle terbaik. Selain piawai memainkan instrumen fingerstyle ,sungha jung juga sangat piawai memainkan solo guitar.
Di Indonesia sendiri fingerstyle banyak sekali peminatnya, dan bahkan ada komunitas fingerstyle terbesar di Indonesia yang terletak di Solo. Yang mana di dalam komunitas tersebut para anggotanya di berikan sebuah kebebasan untk bertanya,sering, seputar tehnik fingerstyle ini.
Berikut saya akan memberikan tata cara membuat instrumen dengan sebuah gaya jari, sehingga menciptakan musik yang romantik. Untuk memahaminya tentu tidak susah , yang susah adalah memperaktekanya. Dan berikut mari kita simak info mengenai membuat fingersyle.
1.      Hafalkan nada lagu
Menghafalkan nada lagu adalah tingkatan terbawah dalam fingerstyle. Yang mana tentu anda tidak akan bisa membuat instrumen yang bagus bila anda sendiri tidak menghafalkanya. Berbeda dengan cara menghafal instrumen guitar biasa , menghafal instrumen fingerstyle cendrung lebih sulit. Hal tersebut karna memang dalam instrumen fingerstye, bukan suara vocal semata yang di hadirkan, melainkan suara bass,rithem,dan drum.
Anda bisa memahami dengan benar semua unsur yang ada di dalam lagu tersebut. dari mulai suara nada vocal,drum,ritme , semua harus terapkan secara baik demi menghasilkan suara fingerstyle yang bagus. Memang tidak mudah melakukanya, namun bila mau berlatih secara serius pastilah bisa.
Lebih mudah lagi bila lagu yang di pilih untuk membuat intrumen fingerstyle adalah lagu yang memang sudah anda hafal atau anda sudah lama mengenalnya. Dengan demikian tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat instrumen, mengingat nada di dalam lagu yang baru anda dengar masih begitu asing. 
2.      Cari cord lagu tersebut

Mencari sebuah cord adalah sebuah keharusan yang memang lazim di lakukan sebagai tahap awal untuk membuat instrumen fingerstyle. Karna tanpa cord tentu tidak akan bisa di buat suatu instrumen. Maka dari itu mencari cord lagu yang anda pilih adalah sebuah keharusan agar instrumen dapat di buat dengan baik.
Dalam mencari cord sebuah lagu pastikan steman anda sudah di sesuaikan dengan tinggi nada yang ada di lagu tersebut. hal ini di maksudkan agar antara gitar anda dan lagu yang di mainkan tidak mempunyai suara yang berbeda. Sehingga sangat tidak mendukung untuk di fungsikan mencari sebuah kunci gitar sebuah lagu.
Dengan cord ini pula anda akan di mudahkan dalam mencari not-not guna membuat suatu instrumen. Sehingga semuanya dapat di jalankan dengan mekanisme yang baik dan akan menghasilkan instrumen yang bagus pula. Untuk itulah cord sangat penting untuk di ketahui agar memudahkan anda dalam mencari instrumen.
3.      Mulai meenerapkan tehnik fingerstyle
Langkah terakhir yang harus di lakukan adalah mempersatukan apa yang anda hafal dan anda temukan dari tehnik-tehnik sebelumnya. Yang mana anda bisa memainkan sedikit demi sedikit dari mulai suara vocal,ritme,bass. Memang tidak mudah untuk melakukanya, namun lebih baik mencobanya.
Tingkat kesulitan yang ada ketika memainkan fingerstyle adalah terletak kepada tempo. Yang mana fingerstyle yang bagus adalah fyngerstyle yang memang sesuai dengan lagu sebenarnya. Namun anda juga bisa membuat varian baru dengan merubah tempo  dari lagu tersebut menjadi lebih cepat ataupun lebih pelan.

Tehnik fingerstyle adalah tehnik yang sangat bagus di gunakan , terlebih di persembahkan untuk orang yang tersayang. Namun untuk belajar memainkanya tidaklah mudah, karna memang membutuhkan latihan yang serius. Selain itu untuk memainkan tehnik ini pula, anda harus mempunyai tangan yang lentur, agar bisa dengan baik memencet freet dengan baik. demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik membuat Instrumen fingerstyle"

Back To Top