Tehnik bermain blues


Musik blues adalah salah satu musik yang populer di dunia. Blues mempunyai irama yang tenang dan menghanyutkan, dan sangat cocok di jadikan musik penghantar tiduk. Musik blues sendiri sangat bervariasi ada yang mempunyai tempo pelan dan ada pula yang mempunyai tempo cepat.
Salah satu gitaris Indonesia yang kental akan nuansa bluesnya adalah Abdhe negara, yaitu gitaris band besar Slank. Adhe memang tidak perlu di ragukan lagi mengenai kepiawaian memainkan musik blues. Yang mana di setiap lagu Slank, abdhe selalu menyertakan solo yang bernuansa blues.
Bermain blues umumnya memakai nada-nada pentha thonik, yaitu nada yang terdiri dari 5 nada. Seperti namanya ,penta artinya lima dan tonik artinya nada, sehingga bila di gabungkan mempunyai maksud 5 nada. Dan lima nada dasar penta tonik menjadi dasar untuk memainkan musik blues.
Adapun alat lain yang merupakan alat tambahan untuk membuat musik blues. Sehingga akan menimbulkan nuansa blues yang sangat kental. Tanpa adanya alat-alat tambahan ini tentu tidak akan bisa menciptakan musik blues. Berikut saya akan memberikan tata caranya kepada anda.
1.      Memakai gitar fender
Gitar fender adalah gitar yang di pilih sebagai gitar yang sangat bagus untuk memainkan musik blues. Karna memang pada dasarnya merek guitar juga mempunya ciri khasnya masing-masing, namun yang mempunyai suara blues paling kuat adalah guitar fender. Adapun guitar yang lain namun tidak sebaik fender adalah stratocaster.
Berbicara mengenai musik ,juga berbicara soal alat musik. Yang mana pada musik-musik moderen yang paling mencolok dan membedakan suatu genre musik adalah guitarnya. Bila salah dalam memilik guitar maka hasil yang di dapat juga kurang memuaskan. Suara guitar di nilai mempunyai karakter kuat dalam suatu musik.
Semua sudah di tentukan masing-masing dan sudah ada takaranya masing-masing. Sehingga anda bisa memilih dengan baik gitar untuk sebuah aliran musik. Seperti pada umumnya bila musik rock, memakai gitar ,rockwell,ibanes. Namun lain halnya bila musik blues yang memakai guitar fender.
2.      Efek drive
Permainan efek adalah salah satu penyebab suatu musik bisa di karakter. Itulah rahasia yang mana rock terkenal dengan imagenya yang di katakan sebagai musik keras, karna memang memakai distorsi sebagai efeknya dan memakai seteman drop d. Dengan begitu nuansa rock dalam guitar bisa jelas terlihat.
Efek drive adalah efek yang memang sangat sering di gunakan untuk membuat musik blues. Dengan gitar fender dan efek drive, serta kepiawaian dalam mengotak-atik penta tonik maka akan menghasilkan nada blues yang sangat romantik. Selain di pakai dalam musik blues evek drive juga sering di pakai dalam musik pop.
Efek ini adalah alat pembantu untuk membuat musik blues lebih bagus. Sehingga tentu saja bisa membuat musik blues tanpa adanya efek ini. anda bisa memakai efek suara asli dalam guitar , namun tetap memakai sekala penta tonik. Karna memang nyawa dalam musik blues adalah penta tonik.
3.      Permainan Pick up
Permainan pick-up adalah salah satu yang mempengaruhi musik tersebut bisa di katakan musik bagus. Karna memang guitar mempunyai karakter suara yang kuat, sehingga bila terjadi kesalahan akan sangat mempengaruhi musik tersebut. dan  memaikan pick-up demi mendapatkan kualitas musik yang baik.
Di dalam musik blues sendiri,teori tersebut masih di gunakan. Yang mana pada umumnya bila memainkan ritme yang di gunakan adalah pick-up neck. Karna memang dengan pick-up neck ini suara guitar menjadi jelas. Sedangkan bila memainkan melodi bila fret yang di tekan hingga mencapai fret 12 ke atas maka yang di gunakan adalah pick-up britz , namun bila 12 ke bawah yang di gunakan adalah pick up neck.
Membuat guitar mengeluarkan bernuansa blues sangat efektif bila ketiga pokok penting tersebut di jalankan dengan baik. dengan begitu musik blues akan mempunyai nuansa blues yang kental. Namun yang paling penting adalah menguasai pentatonik terlebih dahulu, karna memang penta tonik adalah dasaran membuat musik blues. Sekian.




Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik bermain blues"

Back To Top