Tehnik bermain guitar ala seteve vai


Siapa yang tidak mengenal steve vai gitaris yang sudah mendunia akibat karya indahnya. Di setiap penampilannya steve sring membawa warna musik yang sepetakuler sehingga mampu memikat para penggemarnya. Seperti gitaris-gitaris yang terkenal pada umumnya , steve juga mempunyai ciri khas yang sangat kuat , sehingga bisa di katakan sebagai gitaris yang idealis.

Selain selalu tampil dengan permainan guitar solonya, Steve vai juga sudah sering berkoloborasi dengan gitaris-gitaris hebat yang lainya seperti Yngwee malsteen, dll. Sehingga berbicara mengenai musik steve tidak bisa di ragukan lagi dan sudah terbukti . karna memang tidak 1 tahun 2 tahun terjun di dunia musik namun sudah tahunan.

Steve juga oernah menggelar penampilanya di Indonesia, yang mana warga Indonesia di buat terpukau atas penampilanya. Steve vai mengangu senang bisa datang ke Indonesia dan bisa menghibur jutaan masyarakat Indonesia. Kedatangan steve juga bukan karna kebetulan , karna memang masyarakat Indonesia sudah menanti kedatanganya dan bisa tampil di Indonesia.
Berbicara mengenai kesuksesan steve vai ,tentulah menimbulkan pertanyaan dalam benak kita. 

Karna memang gitaris yang satu ini adalah gitaris hebat karna mampu menghasilkan karya-karya yang hebat. Dan karyanya laris di pasaran. Dan saya akan membocorkan sedikit rahasia sukses steve yang memang tidak terlepas dari sebuah perjuangan yang keras. Adapun saya akan membeberkan beberapa tehnik-tehnik permainan gitar dari steve vai , sehingga steve bisa di katakan sebagai gitaris hebat. 

Tehik sweep picking
Tehnik sweep picking adalah tehnik yang cara memainkanya dengan cara menyapu-nyapukan pik, sehingga akan terdengar ataupun menghasilkan suara yang begitu cepat . suara yang di hasilkan dari tehnik ini juga terbilang sangat bagus dan merdu. Ada yang mengatakan tehnik ini mengadopsi permainan sweep picking biola, di karnakan tehnik ini juga sering di gunakan dalam permainan biola .
Tehnik ini adalah tehnik yang sangat sering dan sudah seperti andalan dari gitaris bertubuh kurus ini. meski dalam instrumenya tidak sebagian besar di dominasi atas tehnik swept picking , namun dalam  setiap permainannya selalu bisa anda jumpai tehnik ini . hal tersebut di sebakan permainan guitar steve terbentuk dari kerangka berbagai tehnik. 

Namun untuk memainkan tehnik ini tidaklah mudah, selain membutuhkan latihan secara rutin, anda juga harus konsentrasi . dengan demikian suara yang anda hasilkan melalui tehnik ini akan manghasilkan suara yang jelas dan bersih. Latihan secara rutin akan membantu anda melenturkan jari-jari anda, sehingga jari tidak kaku ketika memainkan tehnik ini.

Tehnik tehnik taiping
Tehnik taiping adalah tehnik yang cara memainkannya adalah dengan cara memadukan tangan kanan dengan kiri secara seimbang. Dalam tehnik ini kerja sama yang baik antara tangan kanan dan tangan kiri sangat di butuhkan. Bila kerja sama kedua tangan yang anda miliki tidak stabil maka tehnik ini tidak bisa di lakukan dengan baik.

Steve vai juga saring memadukan tehnik ini di dalam permainan guitarnya. Yang mana memang tidak terlalu sering , hanya beberapa lagu-lagunya lah yang memang menggunakan tehnik ini. karna memang di domonasi dengan sebuah penerapan tehnik yang begitu kaya di dalam permainan gitarnya.

Tidak jauh bebeda dengan tehnik swept picking, tehnik ini juga membutuhkan tangan kiri yang lentur dan sebuah konsentrasi dalam memainkanya. Untuk itulah bila anda memang ingin menguasai tehnik ini seperti layaknya steve , lakukanlah latihan secara rutin setiap hari. dengan begitu tangan anda akan lentur dan bisa melakukan tehnik ini seperti layaknya steve vai.

Tehnik permainan efek

Efek adalah sebuah alat tambahan yang memang wajib ada di dalam permainan gitar. Karna dengan efek , suara guitar lebih lebih bervariatif dan kaya akan kombinasi. Selain di gunakan sebagai efek guitar , efek yang biasa kita temui juga sering di gunakan dalam permainan Bass , sehingga menghasilkan suara yang khas dan berkarakter kuat.

tehnik bermain guitar menggunakan efek sendiri sangat beragam . yang mana tehnik tersebut ada yang memang bisa menghasilkan suara-suara aneh ataupun memperindah suara guitar. Adapun sejauh ini  suara aneh yang bisa di timbulkan akibat efek adalah , mobil, angsa,burung gagak, dll. Hal tersebut tentu tidak bisa di lakukan tanpa andanya efek.

Meski dalam memainkannya tidaklah terlalu sulit seperti tehnik sweep picking, dan taiping, namun bagi pemula tehnik ini sangat merepotkan , karna membutuhkan ketepatan dan konsentrasi yang tinggi. tanpa adanya sebuah konsentrasi dan ketepatan yang bagus maka suara hasil yang di hasilkanpun juga kurang bagus dan jauh dari apa yang di harapkan.


Rahasia sukses dari seorang steve vai adalah sebuah kerja keras dan tekun. Dan tehnik-tehnik tersebut adalah tehnik yang memang harus di miliki seorang gitaris agar , gitaris tersebut menjadi gitaris yang bisa di katakan hebat. Tehnik tersebut bisa anda pelajari , dengan demikian anda bisa menjadi gitaris yang mempunyai skil yang bagus. Demikian yang bisa saya sampaikan , trimakasih .
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik bermain guitar ala seteve vai"

Back To Top