Cara memilih gitar yang baik dan benar


Bila anda hendak membeli gitar tentulah yang anda pilih adalah gitar yang berkualitas bagus , namun kadang kita tidak menyadari karna kurangnya pengetahuan tentang kualitas gitar, bahwa gitar yang kelihatanya bagus belum tentu mempunyai nilai kualitas bagus di mata para gitaris, seperti contohnya misal anda belum tahu gitar yang bagus dan gitar yang jelek namun anda tertarik pada sebuah gitar hanya  karna tampilan saja dan setelah anda menanyakan pada orang yang mempunyai pengalaman tentang gitar ternyata gitar tersebut  belum masuk kriteria gitar yang berkualiatas dan sebab itulah dalam memilih dan menilai  gitar tidak hanya darii penampilan atau bodi gitar , memang penampilan atau bodi juga perlu yang bagus namun harus di barengi suara yang bagus juga .
 
Dan disinilah anda saya beri informasi tentang cara memilih gitar yang baik dan benar , agar tidak menyesal dalam membeli sebuah gitar. Dan inforrmasi yang saya akan berikan ini  semoga bermanfaat dan dapat menghasilkan pribadi cerdas bagi konsumen gitar. Dalam memilih sebuah gitar benar-benar harus  teliti , anda harus menelitinya sampai ke hal-hal yang terkecil sekalipun karna gitar yang berkualitar bagus adalah gitar yang mempunyai kriteria yang sempurna, dan macam-macam kriteria itu adalah , tidak lecet, cat tidak pudar, tidak ada yangg cacat di bagian senar, tidak ada yang cacat di bagian freet, dan tidak ada lubang di bagian gitar yang sudah di lem, syarat ini adalah syarat dasar untuk memilih sebuah gitar yang berkualitas dan syarat ini juga wajib di ketahui bagi anda yang mau membeli sebuah gitar.
 

Dalam membeli sebuah gitar ada hal yang harus di lakukan oleh anda yang mana agar pembelian lancar dan andapun tidak menyesal dan tidak merasa di rugikan dengan barang yang sudah anda beli, bila membeli sebuah gitar hendaknya mengecek suara gitar pengecekan suara gitar sangat penting karna dengan mengeceknya kita dapat mengetahui jenis suara gitar yang ada di dalam sebuah gitar. Suara gitar sendiri ada 2 macam yaitu gitar yang menghasilkan suara drible dan bass dan dengan penegcekan suara ini anda dapat mengetahui suara gitar sesuai selera anda. Pengecekan gitar ini juga berfungsi mengetahui apakah gitar ini bersuara fals atau tidak , dan caranya anda stem dahulu gitar yang hendak anda pilih lalu anda cek suaranya dengan memencet satu-persatu apabila ada 1 fret saja yang berbunyi fals maka jangan pilih gitar tersebut.
 

Langkah aman agar anda tidak merasa tertipu dengan gitar yang anda beli adalah sebagai berikut.
1)    Mencarai toko musik yang sudah terpercaya dan berpengalaman
Langkah ini sangat penting di mana hak anda sebagai konsumen dapat terpenuhi dengan baik karna sang pemilik toko biasanya akan memberikan sebuah pilihan dan sebuah anjuran. sang pemilik juga akan menerangkan satu-persatu gitar yang hendak anda beli dari segi speksifikasi , suara ,dll. Dengan mencari sebuah toko yang sudah terpercaya dan berpengalaman juga sangat menjamin tidak adanya sebuah tindak penipuan sehingga anda tidak merasa dirugikan.

2)    Membawa orang yang berpengalaman di bidang musik khususnya gitar
Anda dapat membawa orang yang sudah berpengalaman tentang alat musik gitar bila anda ragu dengan toko yang anda tuju . membawa orang yang sudah berpengalaman juga dapat anda lakukan bila anda ragu dengan toko dan pelayanannya dengan begitu tindap penipuanpun tidak terjadi pada anda sehingga anda puas dengan barang yang sudah anda beli.

3)    Hindari pembelian lewat online dari situs yang tidak jelas yang tidak bisa di pertanggung jawabkan
Mungkin bagi anda seorang yang super sibuk pastilah jalan online yang bisa membantu anda namun ada kelemahan bila anda membeeli secara oline yang mana kita tidak bisa mengecek terlebih dahulu gitar yang hendak akan di beli dan sebab itulah jangan meelakukan jual beli pada situs yang tidak bisa di pertanggung jawabkan  , carilah situs yang sudah besar dan terkenal agar terhindar dari tindakan penipuan.

Hal tersebut dapat anda terapkan demi keamanan anda dalaam membeli sebuah gitar, dan selanjutnya saya akan memberikan tata cara memilih sendiri gitar yang anda suka dengan kriteria-kriteria kualitas baik dan berikut tips memilih gaitar yang baik dan brnar.
 

1.    Memeriksa bagian fret gitar
Hal ini sangat penting yang mana hasil kualitas suara juga tergantung dari fretnya bila fretnya ada yang rusak ataupun pemasanganya kurang pas akan menghasilkan suara yang fals. Macam-macam masalah pada  fret:
•    Fret tidak mempunyai posisi yang tinggi yang sama dengan fret yang lain.

Masalah posisi memang menjadi masalah yang vital pada gitar yang mana jelek bagusnya suara gitar tergantung pada fret. Ada 2 faktor mengapa fret tidak mempunyai posisi yang sama dengan fret yang lain yaitu kuningan fret  yang sudah habis dan pemasanganya yang kurang benar.
 

2.    Memeriksa seluruh bodi gitar
Hal selanjutnya harus di lakukan adalah memeriksa seluruh permukaan gitar dengan teeliti, langkah ini bertujuan untuk mengantisipasi bagian gitar yang pecah ataupun rusak pada bagian permukaan .

3.    Memeriksa senar gitar
Bila anda membeli  gitar baru tentunya anda harus memeriksa senar yang di gunakan masih bagus ataupun sudah menglupas , dan jangan lupa untuk menyetem terlebih dahulu . posisi setang gitar dapat anda cek setelah di gitar di stem apabila dalam pengecekan gitar setang tampak bengkok maka gitar tersebut belum mempunyai kualitas yang bagus karna setang yang bengkok juga berpengaruh bagi suara gitar.
 

4.    Memeriksa komponen pada gitar
Hal ini di berlakukan pada gitar listrik yang mana anda harus mengecek satu-persatu kompenen yang terdapat di gitar tersebut dari mulai tune,pick up,spull. Tune terdiri dari volume, bass dan drible , di situ anda bisa mengeceknya satu persatu pastikan semua berffungsi dengan baik.

Itu dia langkah –langkah yang harus anda terakan ketika anda membelis seebuah gitar, itu saja yang bisa saya sampaikan tentang,” Cara memilih gitar yang baik dan benar”.

Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara memilih gitar yang baik dan benar"

Back To Top