Tehnik taiping dalam permainan gitar



Dalam sebuah permainan gitar ada yang namanya tehnik hummer atau palu, yang mana akan lebih mahir bila sebelum mempelajari tehnik taiping terlebih dahulu mempelajari tehnik hummer. Hummer atau dalam bahasa Indonesia adalah palu, adalah dasaran bermain taiping. Dan bila ingin mahir dalam bermain taiping haruslah mahir dalam memainkan hummer . sesuai namanya hummer di mainkan dengan cara di ketuk-ketukan ,cara mengetuknya adalah menggunakan ujung jari. Hummer sendiri sangat mudah di mainkan serta mempunyai suara yang khas. Dengan tehnik hummer , pemain gitar juga akan dengan mudah menjangkau fret-fret yang jauh dari jangkauan, sehingga  kita bisa membuat kombinasi melodi yang lebih kreatif lagi.

Untuk memainkan tehnik hummer saya akan memberikan tabulature yang bisa anda pelajari di rumah. Tabulature tersebut sudah disertai dengan keteranganya , sehingga sangat mudah anda pahami. Dan berikut tabnya.

e--------------------------------------------------------------------------------|
b--------------------------------------------------------------------------------|
G----------2H4---------------------------------------------------------------|
D--------------------------------------------------------------------------------|
A---------------------------------------------------------------------------------|
E----------------------------------------------------------------------------------|

Tab tersebuat adalah tab yang menggunakan tehnik hummer dan berikut saya akan coba menjelaskanya.
   
  •    senar di atar menunjukan bahwa senar yang di mainkan adalah senar nomer 3. Cara memainkanya adalah tekan terlebih dahulu senar nomer 3 pada frett ke 2 menggunakan telunjuk tangan kiri, kemudian petiklah senar nomer 3 tersebut lalu tekanlah senar nomer 3 pada frett ke 4 menggunakan jari manis tangan kiri. Cara memainkanya jangan pernah melepaskan jari yang pertama, dan tehnik hummer akan berhasil bila anda sudah bisa menguasai 1 petikan 2 nada ini. Tehnik ini akan lebih mudah bila menggunakan gitar listrik.

  •  Dan keterangan H pada tab di atas adalah menunjukan bahwa jari yang menekan tidak di lepas.

  •     Latihlah terus tehnik hummer , untuk memudahka dalam memainkan taiping.

Sedangkan taiping , adalah tehnik yang sangat efektif untuk menghasilkan suara yang begitu cepat, dan hanya mengandalkan ketukan dari jari saja. Tehnik ini pernah di gunakan dalam lagunya yang berjudul,”Always love you always love me”. Dimana tehnik taiping ia sisipkan di di bagian tengah pda lagu tersebut.

Tehnik taiping paling bagus di mainkan dengan menggunakan gitar elektrik dan efek distorsi, dengan begitu akan menghasilkan suara yang super cepat mirip halilintar. Dan setelah kita membahas tentang  tab tehnik hummer, selanjutnya saya akan memberikan tab lagi kepada anda, yaitu berkenaan tentang tehnik taiping. Yang terpenting dalam memainkan taiping untuk pemula jangan memakai speed dulu ,mainlah dengan santai tapi  benar. Percuma cepat tapi bunyi yang di hasilkan tidak bagus, dan sebab itulah untuk pemula jangan menggunakan speed dulu, barulah bila jari sudah lentur anda dapat menggunakan speed.
Dan berikut tab tehnik taiping.
e-------------------------------------------------------------------------|
b-------------------------------------------------------------------------|
G---------------4H6p9--------------------------------------------------|
D-------------------------------------------------------------------------|
A-------------------------------------------------------------------------|
E--------------------------------------------------------------------------|
Keterangan:

  •      Petiklah senar nomer 3 pada fret nomer 4 dengan menggunakan telunjuk tangan kiri dan  selanjutnya langsung bergegas jari manis menekan fret nomer 6 dan langsung pindah lagi jari tengah kanan menekan fret nomer 9, lakukan dengan cepat dengan begitu tehnik taiping akan terdengar bagus.

2.      

  •  Bila keteranangan (H) menunjukan langsung di lepas , lain halnya dengan (P). Keterangan p pada tab di atas menunjukan bahwa jari langsung melepas tekanan, pada giliran yang sudah di tentukan.

Dan itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kelangsungan perkembangan belajar gitar anda. Trimakasih sudah mengunjungi artikel saya berjudul ,”Tehnik taiping dalam permainan gitar".
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik taiping dalam permainan gitar"

Back To Top