Tehnik Belajar Piano Yang Betul Di lengkapi Dengan Cord



Piano atau keyboard adalah alat musik yang biasa di gunakan untuk memainkan instrumen. Ketika kita meliahat seorang pianis memainkan instrumen sebuah lagu pastilah dalam hati kita bertanya,” kok bisa ya”, terlebih bila seorang pianis dunia seperti Jordan Ruddess  yang memainkannya pastilah akan lebih membuat kita takjub di buatnya. Namun bila kita fikir-fikir ,ternyata untuk memainkan piano dan menjadi pianis profesiaonal ternyata harus melewati steep by steep, dan untuk meraihnya tentu membutuhkan kerja keras dan tekun. Di dalam permainan keyboard sendiri ada banyak tehnik-tehnik yang rata-rata mempunyai tingkat kesulitanya masing-masing. Kesulitan yang sering menjadi keluahan para pemula adalah mengkordinasi tangan kanan dan kiri.


Di dalam permainan keyboard memang harus mempunyai kordinasi antara tangan kiri dan tangan kanan agar mendapatkan suara yang bagus. Selain tangan kiri dan kanan yang membutuhkan kekompakan , kedua tangan kita juga di tuntut untuk bisa kompak dengan kaki yang menginjak 3 pedal. 3 pedal berfungsi untuk memberi efek kepada piano sehingga menimbulkan suara yang bervariasi. Dan saya di sini akan coba mengarahkan cara belajar piano bagi pemula yang di lengkapi dengan cor-cord piano.

Dan berikut cord-cord piano.





 
Cord piano





Belajar piano , selain mempelajari cord, kita juga harus mempelajari yang namanya akurasi tekanan.lantas ,”bagaimana akurasi yang bagus”, akurasi tekanan yang bagus adalah tekanan yang tepat dan akurat sehingga bunyi yang di hasilkan akan bagus dan bersih. Untuk mendapatkan akurasi tekanan yang bagus juga harus di butuhkan latihan agar dapat memainkanya dengan benar. Untuk mengolah akurasi tekanan anda dapat mengolahnya setiap hari dengan menggunakan cord-cord yang ada di atas. Latihan akurasi ini adalah dasar kita untuk bisa memainkan keyboard dengan benar, dan apabila tehnik akurasi tekanan ini sudah di kuasai maka akan mudah mempelajari tehnik-tehnik piano yang lainya.

Untuk tips belajar piano yang harus di lakukan adalah sebagai berikaut:


Menguasai kordinasi tangan dan kaki

Untuk dapat memainkan keyboard, seperti yang sudah di singgung di atas, yang mana kita harus sebisa mungkin untuk mengkordinasikan tangan dan kaki kita dengan baik . kordinasi tangan dan kaki adalah bagian penting dalam bermain keyboard, apabila kordinasi tangan dan kaki kita kurang bagus maka permainan piano/keyboard kurang menarik. Anda dapat melatih tehnik kordinasi tangan kanan dan kiri ini dengan menggunakan cord-cord di atas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu di lakukan lahihan yang rutin setiap hari.


Latihan fingering


Latihan fingering adalah tahap setelah kita menguasai tehnik akurasi tekanan dan tehnik kordinasi tangan kanan dan kiri. Fingering adalah membentuk , dalam artian membentuk cord yang sudah di tentukan. Dalam tehnik ini kita di tuntut untuk menguasai perpindahan antara 1 cord menuju ke cord yang lain  ataupun 1 tuts menuju ke tuts yang lain. Tehnik ini sangat ampuh untuk membuat jari kita lentur. Untuk melatih ini anda juga dapat menggunakan cord yang ada di atas.


Menguasainya


Dan apabila tadi kita sudah menyimak cord dan tehnik dalam memainkan piano atau keyboard, hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah menguasainya. Menguasainya mempunyai artian kita harus menguasai gerakan yang ada di tehnik tersebut. Untuk belajar cara menguasainya ada baiknya anda belajar menguasainya dengan pelan daulu yang terpenting akurat dan benar sehingga menghasilkan suara yang bagus. Di butuhkan latihan rutin untuk menguasainya , dan bila anda sungguh-sungguh tidak memakan waktu lama anda sudah menguasainya.


Tempo


Bila anda sudah menguasai tehnik-tehnik yang di berikan tadi selanjutnya yang harus di kuasai adalah tempo. Tempo sangat penting dalam sebuah lagu, dan tempo dalam sebuah lagu sendiri kadang berubah-ubah kadang pelan, sedang, dan terkadang cepat. Dan inilah yang harus anda kuasai dalam permainan piano, agar dapat membawakan sebuah lagu dengan baik. Latihan tempo sendiri dapat ada latih dengan memainkan sebuah lagu. Dengan memainkan sebuah lagu kita akan terlatih menguasai tempo-tempo yang terkadang tidak menentu.


Permainan piano anda dapat di katakan mahir bila sudah menguasai 5 tahap di atas. Dan untuk menguasainya haruslah di mulai dengan sebuah keseriusan dan kerja keras.

Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda, dan trimakasih sudah mengunjungi artikel saya yang berjudul,”Tehnik belajar piano di lengkapi dengan cord".
Tag : tips
1 Komentar untuk "Tehnik Belajar Piano Yang Betul Di lengkapi Dengan Cord"

makasi ilmuny gan

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Back To Top