cara cepat belajar tehnik sweept picking bagi pemula



cara memainkan tehnik sweept picking


berbagai macam tehnik tentu mempunyai ciri khas dan keistimewaanya masing-masing serta mempunyai kegunaanya masing-masing ,contoh: banding , mempunyai suara yang sangat khas yang mana dengan tehnik ini kita dapat menaikan nada menjadi 1-1/2 nada. Dan tehnik dalam permainan gitar juga mempunyai tingkatan, bisa jadi lebih mudah ataupun lebih sulit. Sperti yang akan saya bahas kali ini, tehnik gitar sweept picking. Sweept , yang berarti menyapu dan piking, adalah pick, yang kurang lebih mempunyai arti menyapu menggunakan pick. Tehnik ini mempunyai tingkat kesulitan lumayan dan harus di latih berulang kali bila ingin mahir. Tehnik ini juga mepuyai speed yang agak cepat , sehingga di perlukan jari yang lentur untuk melakukan tehnik ini. Bila anda ingin mempunyai jari yang lentur anda dapat menggunakan karet gelang untuk latihan aprigo. Tujuan latian tersebuat adalah untuk mendapatkan jari yang lentur , sehingga sangat mudah untuk memainkan tehnik ini.


Tehnik sweept picking juga biasa di gunakan gitaris-gitaris hebat dunia  untuk mempercantik permainan gitarnya. dan salah satu gitaris yang sering memainkan tehnik sweept picking adalah , John Petrucci. John petrucci adalah musisi dunia yang menjadi gitaris band Dream Theather, john lahir di king park, Lost Island, New York, 12 juli 1967. Dia sangat sering sekali mealakukan tehnik ini dan memadukan di lagu-lagunya. Adapun gitaris yang lain yang sering menggunakan tehnik sweept picking yaitu, Yngwie malmsteen. Yngwie adalah deretan gitaris terbaik dunia yang sering menggunakan tehnik sweept picking dalam lagunya. Yngwie lahir di stockholm, Swedia, pada 30 Juli 1963. Dan kedua gitaris di atas memang sangat sering sekali memainkan tehnik sweept picking , maka tak heran di sebut sebagai gitaris terbaik dunia.


Karna memang tak mudah melakukan tehnik sweept picking jarang sekali gitaris-gitaris yang memainkan tehnik ini , dan alasanyapun beragam, ada yang memang tidak bisa dan adapula yang memang tidak menyukai tehnik sweept picking. Salah satu kesuliatan dalam memainkan tehnik sweept picking adalah susah untuk menjangkau fret. Untuk melakukan tehnik ini memanglah harus mempunyai jari-jari yang panjang agar dapt menjangkau semua freet . ada pula kesulitan yang lain untuk memainkan tehnik sweept picking yaitu nyantol ke senar yang lain , sehingga menghasilkan nada yang kurang bersih. Untuk melakukan tehnik ini memang harus tepat dan akurat dan tidak boleh mengenai senar yang lain ,sehingga akan menghasilkan suara yang bersih dan enak untuk di dengarkan.


Adapun kesulitan yang lainya adalah cara memetiknya. Cara memetik tehnik sweep picking haruslah seirama dengan gerakan jari kiri sehiingga suara yang di hasilkan akan bagus. Lain halnya bila cara memetiknya tidak seirama maka akan menghasilkan suara yang kurang enak di dengar. Dan yang paling penting adalah anda sudah menguasai benar cara memencet cord dengan baik, yang mana memencet tanpa mengenai senar yang lain, hal ini sangat penting, bila dalam memencet cord saja masih mengenai senar lain maka bagaimana dengan tehnik sweept picking. Dan oleh sebab itulah keterampilan dalam memencet cord yang baik dan benar sangat penting sehingga akan mudah dalam peroses belajar tehnik sweept picking.


Dan tulisan kali ini saya akan menjelaskan tata cara memainkan sweept picking yang akan di pandu dengan tabulature. Dan bagi anda yang belum paham cara memainkan tabulature ,saya akan menjelaskanya.  Dan berikut tabulature tentang tehnik sweep picking.



--------------------------------5--------2------------------------------------e

-------------------------3----------------------3------------------------------B

-------------------2----------------------------------2------------------------G

--------------------------------------------------------------------------------D

-----------4------------------------------------------------4------------------A

---5--------------------------------------------------------------5------------E



Keteragan:

Garis adalah senar sedangkan angka adalah berupa freet, dan senar nomer 1 terletak pada bagian atas dan senar nomer 6 terletak pada bagian bawah. Tabulature ini sangat mudah di pelajari dan anda dapat mempelajarinya dengan bertahap , yaitu secara pelan terlebih dahulu setelah mahir anda dapat mencobanya dengan cepat.


Olah terus teehnik sweept picking ini secara rutin agar cepat menguasai. Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan trimakasih sudah mengunjungi artikel saya yang berjudul,”cara cepat belajar  tehnik sweept picking bagi pemula”.
Tag : tips
0 Komentar untuk "cara cepat belajar tehnik sweept picking bagi pemula"

Back To Top