Tehnik Bending Cara Mudah Belajar





Bermain gitar tanpa seni memang ibarat makan nasi tanpa lauk , dan hal itu menunjukan bahwa pentingnya seni dalam permaianan gitar. Seni memang sudah menjadi bagian penting dari permainan gitar. Bicara tentang seni , seni seperti apa si yang biasa di gunakan dalam permainan gitar. Untuk menambahkan seni dalam permainan gitar ,tentunya harus di topang degan tehnik-tehnik gitar . dengan tehnik-tehnik dalam permainan gitar ,seni akan lebih jelas terlihat dan gitaris yang baik adalah yang memadukan banyak seni dalam permainan gitarnya.salah satu tehnik permainan gitar yang memunculkan aroma seni adalah bending. Bending adalah menaik-naikan senar gitar ke atas dan ke bawah dan menghasilkan suara yang bisa jadi lebih tinggi ataupun lebih rendah. Bending merupakan tehnik yang sangat penting di pelajari bagi para gitaris.


Permainan gitar juga akan lebih menarik apabila di lakukan dengan bending. Bending biasa di gunakan dalam hampir semua aliran musik kecuali aliran musik yang cepat. Pada musik beraliran cepat seperti Dead metal, aliran tersebut cenderung banyak memakai kunci bass dan taiping sebagai tehnik andalan. Sedangkan pada lagu-lagu santai seperti : blues, jazz,pop ataupun reage , aliran musik ini rata-rata di dalam solo gitarnya  menggunakan tehnik bending. Salah satu gitaris yang sangat kental nuansa seninya dan sering menggunakan tehnik bending adalah Abdhe Negara, Dewa bujana,piyu dll. Daftar nama gitaris sering sekali memadukan tehnik bending dalam permainan gitarnya.


Untuk sejarah tehnik bending belum di ketahui secara tepat di daerah mana tehnik bending ini pertama di maiankan . ada 2 jeni tehnik bending up-down , yaitu bending menggunakan satu senar dan bending menggunakan 2 senar. Kedua tehnik tersebut bisa anda mainkan dan menentukan sendiri seberapa tinggi suara yang di hasilkan. Dan bagi anda yang masih bingun bagaimana cara memainkan bending ikuti terus infonya.


Melakukan tehnik bending dengan menggunakan jari-jari anda, latihlah semua jari anda agar bisa melakukan tehnik bending ,karna untuk melakukan tehnik bending haruslah memakai perasaan agar tidak senar tidak putus. Untuk jari sendiri, jari yang sangat mudah untuk melakukan bending adalah jari tengah, mungkin karna letaknya di tengah sehingga sangat mudah untuk menaikan dan menurunkan senar dengan benar. Memainkan tehnik bending dengan jari tengah juga sangat mudah menentukan seberapa tinggi yang akan kita hasilkan.

.    
  •   dan cara memainkan tehnik bending up-down menggunakan satu senar adalah sebagai berikut






Petiklah satu senar sambil menekan freetboard yang anda pilih. Sebagai contoh misalnya freet nomer 2 dan senar nomer 2 juga. Petiklah dan jangan langsung lepaskan jari anda yang menakan freet nomer 2 tersebut dan selanjutya anda dapat menaikan senar ke atas maupun ke bawah, sampai dengan 1/2 – 1 nada. Untuk melakukan bending haruslah mempelajari vibrato, ada 2 vibrato yaitu vibrato horisontal dan vertikal. Vibrato horisontal biasanya di gunakan untuk memainkan bending dengan cara berpindah yaitu dari fret satu ke freet yang lainya, sedangkan vibrato vertikal adalah memainkan bending dengan  cara tetap, biasanya tehnik ini hanya di gunakan untuk pelengkap saja agar musik lebih terlihat lebih mengasyikan.

 
  •  B.  Sedangkan untuk memainkan tehnik bending menggunakan 2 senar caranya adalah.

Tekanlah 2 senar sekaligus pada fret yang anda inginkan. Sebagai contoh ,freet 2, senar 2 dan 3 dan berikut gambarnya













Petiklah kedua senar tersebut secara bersamaan dan lakukanlah bending sesuai yang sudah di ajarkan tadi.




Itu saja yang bisa saya sampaikan , semoga bermanfaat bagi anda ,terimakasih sudah mengunjungi artikel saya,"Tehnik Bending  Cara Mudah Belajar ".
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik Bending Cara Mudah Belajar "

Back To Top