Balajar kunci gantung

Balajar kunci gantung

Bagi anda seorang gitaris belum lengkap rasanya bila belum belajar kunci gantung, oleh sebab itulah anda perlu simak tips belajar kunci gantung yang akan saya tulis untuk anda. Belajar kunci ganttung akan terasa mudah bila anda sudah menguasai kunci dasar, akan menyulitkan anda bila kunci dasar belum di kuasai. sekilas ada pebedaan antara kunci dasar dan kunci gantung , kunci gantung menghasilkan bunyi suara yang agak kmincring atau drible, sedangkan kunci dasar lebih ngebbas. Kunci gantung mempunyai tingkat kesulitan lebih di banding kunci dasar, kesulitanya karna mempunyai jarak yang saling berjauhan, sehingga perlu latihan khusus.Letak yang berjauhan sangatlah menyulitkan terlebih bagi anda pemula, untuk melakukanya pastikan anda sudah hafal terlebih dahulu urutan cordnya dengan begitu anda akan dengan mudah dalam proses belajar.

Proses belajar yang teratur juga sangat berpengaruh bagi perkembangan kita dalam mempelajarinya, pelajarilah dengan rutin dan jangan pernah putus asa. Anda dapat menemukan solusi anda sendiri untuk mempelajarinya, yang penting tetap di damping buku belajar gitar ataupun orang yang sudah berpengalaman.dalam waktu 3 hari anda sudah dapat menguasai kunci gantung apabila anda serius dalam mempelajarinya, akan membutuhkan waktu lama bila anda tidak serius dalam mepelajarinya. Belajar kunci gantung pada gitar bisa anda lakukan di sela-sela waktu luang anda , yang terpenting tidak mengganggu waktu berharga anda, dan bagi anda yang mempunyai banyak waktu luang, anda mempunyai kesempatan waktu lebih lama dalam mempelajarinya.

Sebagai seorang yang pernah melawati masa-masa belajar kunci gantung , saya akan menceritakan awal saya bisa menguasainya. Jadi tehnik ini sudah saya kuasai sejak saya masih SMA, sepulang sekolah saya selalu menyelakan waktu saya untuk mempelajari kunci gantung tersebut. Dan saya yang saat itu sedang duduk di bangku kelas 10 , baru mengenal gitar dan belajar sedikit demi sedikit, pada saat itu , saya yang baru belajar baru menguasai kunci dasar, bertemu dengan teeman saya yang sudah lebih mahir dari saya. Sayaapun tidak mau menyia-nyiakan hal ini saya , saya memintanya untuk mengajari saya bermain gitar, dan dia bertanya ,”kamu sudah dari mana belajar gitarnya”, aku menjawab,”kunci dasar”. Dan kemudian dia menggambarkan sekala kunci gantung dan kemudian di berikan kepada saya.Dan sejak saya mendapat sekala itulah saya mulai rajin mempelajarinya.
Kejadian itu terjadi ketika di sekolah , pada waktu jam istirahat di kantin, dan dengan bekal sekala kunci gantung tersebut , 3 hari saya sudah menguasai kunci gantung tersebut. Dan sejak saat itulah saya sudah mulai memadukan kunci gantung dalam permainan gitar saya.

Kejaadian itu sudah 5 tahun  yang lalu, dan kejadian itulah sejarah saya bisa bermain gitar. Dan sejak saat itu juga saya bertemu dengan teman-teman yang 1 hobi dengan saya , dan hingga akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk membentuk sebuah grub band, meskipun sekarang bandnya sudah bubar, tetapi hal tersebut menjadi momentum yang sangat bersejarah bagi saya.
Dan sekarang giliran anda yang mempelajarinya, semuanya akan terasa mudah bila kita jalanin dengan iklas. Dan keiklasan sudah dalam hati sudah saatnya anda mendapatkan apa yang anda mau. Saya akan memberikan paduan belajar knci gantung kepada anda dan di lengkapi dengan gambar, apabila anda bingung dalam mempelajarinya boleh bertanya dengan saya.
Untuk belajar kunci gantung anda harus memahami sekala not yang terdapat dalam senar nomer 5 dan 6. Dan berikut sekalanya.



Dan apabila anda sudah paham tentang not-not tersebut anda dapat menggunakan kunci gantung, sekala kunci gantung adalah sebagai berikut



Cara memainkanya, anda hanya berpatokan pada gambar sekala not-not gamabar nomer 1. Misalnya anda memainkan nada A, tekan fret pola nomer 5 dengan posisi jari seperti gambar 2, cara menekan jadi telunjuk menekan semua senar, jari tengah menekan senar nomer 3,jari manis menekan senar nomer 5 dan klingking menekan senar nomer 4.
Lain halnya bila dia kunci minor, dan berikut sekala kunci minor, dan berikut sekala kunci minor









Sedangkan not yang letaknya di bagian senar nomer 5, yang anda gunakan adalah sekala kunci b. Dan berikut gambar sekalanya.

Dan cara mainnyapun sama dengan yang di atas , yaitu berpatokan pada nada di atas. Seperti misal bila anda ingin memainkan kunci D gantung, yang harus anda lakukan adalah menekan fret nomer 5 dengan skala kunci b diatas. Sedangkan untuk minor




Dan cara di atas adalah cara yang sangat efektif untuk belajar kunci gantung. Yang terpenting dalam mempelajari kunci gantung adalah kita harus terlebih dahulu menguasai kunci dasar, dengan begitu belajarpun akan menjadi mudah.
Itu saja yang bisa saya sampaikan , trimakasih sudah mengunjungi artikel saya yang berjudul, “belajar kunci gantung”.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Balajar kunci gantung"

Back To Top