Belajar gitar elektrik bagi pemula



Belajar gitar elektrikbagi pemula

Untuk mahir dalam guitar begitu banyak hal-hal yang harus di pelajari, dan semua itu tentu tidak mudah, kita harus serius dalam mempelajarinya agar tidak steres dan depresi sehingga timbul rasa malas untuk belajar gitar. Di dalam gitar sendiri begitu banyak varian tehnik-tehnik, dari yang sulit sampai yang mudah, dan ini semua harus di pelajari apabila ingin menjadi gitaris propesional. Memang segala sesuatu yang berharga tidak mudah di dapatka begitulah orang bijak bilang, tak ada bedanya dengan belajar gitar, kita harus merangkak dulu sebelum akhirnya kita bisa mendapatkan apa yang kita mau. Di dalam mempelajari gitar sendiri harus di mulai dari dasaran dulu dan menuju tehnik yang susah , dengan begitu belajar gitar akan terasa mudah. Lain halnya bila kita pemula namun sudah mempelajari tehnik melodi, padahal kunci dasar saja kita belum mahir.


Bertahap adalah sebuah kunci mempelajari guitar ,apabila anda sudah bisa melakukannya tahap demi tahap dari yang mudah, anda dapat dengan cepat mempelajari tahap berikutnya dengan mudah. Alat musik guitar , bisa di kategorikan alat musik yang lumayan susah untuk di pelajari . untuk belajar gitar anda bisa belajar dengan orang yang sudah mahir dan bisa juga dengan kursus. Bila anda benar-benar serius ingin mempelajari gitar lebih dalam, anda bisa mempelajarinya di tempat kursus ataupun sekolah musik. Dengan belajar di tempat kursus dan sekolah musik , kita akan di perkenalkan berbagai tehnik oleh para mentor , dan apabila dalam belajar gitar ada kesulitan kita dapat langsung bertanya kepada mentor.


Gitar sebenarnya bisa saja di pelajari dengan cara otodidak namun ada baiknya bila ada yang mendampingi. Ada banyak kerugian dalam belajar gitar secara otodidak yaitu: Rugi waktu, Rugi tenaga, rugi materi.

a.      Rugi waktu

Belajar secara otodidak artinya belajar sendiri tanpa di dampingi orang yang lebih berpengalaman, hal tersebut tentu akan menyita waktu kita . apabila kita  menemui kesulitan kita harus memecahkanya sendiri, lain halnya bila kita belajar di tempat kursus ataupun sekolah musik, kita akan di bimbing dari dasar dan semua keluhan dapat di tanyakan sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

b.      Rugi tenaga

Kita akan di hadapkan pada masalah yang sangat susah di pecahkan sendiri. Apabila ada mentor tentu masalah tersebut langsung terselasaikan tanpa membuang tenaga dengan sia-sia.

c.       Rugi materi

Orang yang belajar dengan cara otodidak tak jarang membuuat gitarnya rusak dan untuk memperbaikinya  mereka harus memanggil orang yang lebih berpengalaman dan tentu tidak geratis, lain halnya belajar di tempat kursus ,kita akan di bekali ilmu yang sangat komplit, sehingga kita dapat mengatasi masalah kita dapat mengatasi sendiri tanpa membayar orang lain.


Tapi ada keistimewaan dari orang yang mahir bermain gitar dengan cara otodidak, mereka cenderung lebih bisa membuat kreasi permainan gitar yang baru. Dan saya punya cerita dari gitaris Kotak, yaitu Cella, bila kita lihat instrumen lagu-lagu yang di ciptakan cella bagus-bagus dan ngHits di deretan musik Indonesia. Namun tahukah anda ternyata Cella belajar gitar dengan cara otodidak dan sampai sekarang Cela juga tidak mengetahui yang namanya not balok . Cella atau nama lengkap Mario Marcella Handika Putra, adalah gitaris band kotak yang lahir di , Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Cella menjadi gitaris kotak sejak tahun 2004, dan akibat kepiawaianya menciptakan lagu membawa bandya menjadi band papan atas Indonesia . band kotak masih tetap eksis hingga saat ini meskipun sudah bolak-balik ganti formasi personil. Cella memang belajar gitar secara otodidak, dan berbicara skil memang belum memuaskan di bandingkan dengan gitaris lainya seperti: Deawa budjana, Eros Candra dll. Namun berbicara soal karya , Cella tidak kalah dengan mereka semua.


Dan bagi anda yang tertarik igin menjadi gitaris hebat anda bisa belajar di tempat kursus atau sekolah musik. Ada sekolah musik dunia yang sudah melambung namanya karna kualiatasnya memang bagus.The Julliard School, adalah sekolah musik bergengsi ,dan di dukung mentor-mentor berpengalaman. The Julliard school ini selain mengajarkan musik , sekolah ini juga mengajarkan kesenian lain seperti ,opera dll. Dan para siswanya juga sering tampil untuk unjuk kebolehan di depan publik. Namun untuk masuk ke sekolah ini tidak mudah karna sekolahan ini hanya menerima 7,6 dari pendaftar. The Julliard School, beralamat di ,60 Lincoln Center Plaza, New York, NY 10023, 212-799-5000 dan websitenya, Julliard.edu.

Dan sekarang pilihan ada pada diri anda, anda dapat belajar secara otodidak ataupun belajar di tempat kursus. Dan disini saya hanya memberi gambaran saja dan anda yang wajib menentukan pilihan anda sendiri


Dan belajar gitar tentu tidak lengkap bila hanya menguasai gitar akustik saja, dan saya di sini akan mengenalkan pada anda tahap demi tahap belajar gitar elektrik. Memang tidak ada perbedaan yang menonjol antara gitar acoustik dan elektrik , mungkin yang membedakanya adalah sistim elektroniknya saja. Gitar acoustik dapat berbunyi dengan keras walaupun tidak memakai ampli, sedangkan gitar elektrik tidak bisa berbunyi dengan keras tanpa ampli. Dan di sinilah saya akan coba mengenalkan komponen-komponen penting yang ada pada gitar elektrik . dan berikut infonya:

A.    Pickup

Adalah komponen yang berfungsi menangkap suara dari senar, pickup terletak di ujung bawah senar. Dan pickup ini begitu sensitif .

B.     Switch

 Adalah sebuah pentolan yang biasanya letaknya tidak menentu ,tergantung pada jenis gitarnya . untuk jenis gitar Les Paul, biasanya terletak di bagian atas . switch berfungsi mengatur pickup apa yang mau di gunakan , pickup neck ataupun pickup bridz.

C.    Socket jak

Adalah penghubung , untuk menghubungkan gitar dan ampli.

D.    Bridge

Adalha tempat meletakan senar yang terletak di bawah, dan setiap jenis gitar memiliki fiturnya sendiri.

Dan komponen di atas adalah komponen yang terletak di pada bagian gitar itu sendiri. Dan selanjutnya ada perangkat pendukung. Perangkat pendukung ini komponen yang letaknya tidak di gitar melainkan secara terpisah. Dan berikut perangkat pendukung pada guitar elektrik.

A.    Amplifier

Alat pendukung ini tidak bisa di pisahkan dari gitar elektrik karna amplifier inilah yang akan mengeluarkan suara yang sudah di tangkap oleh pickup. Di dalam amplifier sendiri terdapat knop berupa : tone,volume,bass,treble, mid dll. Dengan amplifier anda dapat mebuat suara yang berfariasi sesuai selera musik anda.

B.     Efek

Ada banyak jenis efek yang beredar di pasaran, dari efek kodok sempai efek yang mempunyai banyak suara. Fungsi efek adalah merubah suara gitar, sebagai contoh adalah suara gitar pada grub band beraliran metal, suara tersebut tidak akan bisa timbul tanpa efek. Efek yang di gunakan pada lagu metal adalah distorsi atau overdrive. Efek suara ini memrubah suara gitar yang tadinya jernih menjadi agak kotor . dan urutanya adalah gitar elektrik di hubungkan melalui kabel ke efek, dan selanjutnya di hubungkan ke amplifier.

C.    Menyeting knop pada guitar

Setingan pada knop guitar memang tidak bisa di spelekan , untuk itu anda dapat menyetingnya sendiri sesuai dengan yang anda suka.

D.    Menguasai tehnik

Untuk dapat memainkan gitar dengan maksimal anda harus menguasai tehnik-tehnik dalam bermain gitar.


Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda, trimaksih sudah mengunjungi artikel saya yang berjudul,”Belajar gitar elektrikbagi pemula".


Tag : tips
1 Komentar untuk "Belajar gitar elektrik bagi pemula"

nice info Bro....
bagi yang ingin mendapatkan tutorial gitar secara lengkap mengungkap berbagai Teknik gitar secara praktis dari pemula sampe recording silahkan cek www.gitarzoom.blogspot.com

trims

Back To Top