Cara memainkan ukulele




Cara memainkan ukulele – apakah anda mengetahui ukulele..?, ukulele adalah alat musik
dawai yang biasanya memiliki empat senar ataupun tiga, tapi kebanyakan ukulele yang kita temui itu rata-rata memiliki senar empat . ukulele biasa kita temui dalam musik-musik kroncong dan tidak Cuma itu saja , para musisi jalanan juga biasa menggunakan ukulele sebagai pengiring saat bernyanyi dari bus ke bus ataupun dari kota ke kota. Biasanya ukulele di mainkan di musik kerondong dengan perpaduan musik lain seperti biola maupun gitar namun petikan biola dan ukulelelah yang sangat di identikkan dengan musik keroncong . Nah, secara tidak langsung ukulele adalah komponen yang sangat penting dalam bagian musik kroncong.

Suaranya yang khas dan tampilannya yang mini, apakah anda tertarik untuk memainkan ukulele..?. mungkin bagi anda yang sudah mahir bisa memainkan ukulele dengan baik namun bagi anda yang belum bisa memainkan ukulele anda jangan kwatir , karna artikel saya akan menjelaskan bagaimana cara memainkan ukulele yang benar. Menurut saya belajar ukulele itu sangat mudah di bandingkan alat musik yang lain , mungkin akan agak susah di bagian belajar memetik selebihnya mudah-mudah saja . memetik yang  baik adalah memetik dengan irama dan mengikuti tempo sebuah lagu , bila memetik belum di kuasa maka suara kita dengan suara ukulele tidak akan bisa sejajar dan malah bisa-bisa balapan, untuk itulah memetik menjadi sesuatu yang harus di perhatikan dalam memainkan ukulele.

Cara memainkan ukulele selanjutnya adalah menghafal semua kunci dasar. Hafalkanlah kunci dasar sambil peraktek memegang serta menerapkan kunci ukulele tersebut di dawai ukulele, hak ini sangat efektif untuk bisa mahir memainkan ukulele di bandingkan bila kita hanya menghafal tanpa menerapkanya , itu semua akan membuat kita bingung. Oleh itu belajar cord yang baik adalah dengan cara mempraktekanya langsung . selain bertujuan agar penghafalan efektif penerapan langsung juga berfungsi untuk melatih jari-jari kita agar bisa lentur dan terlatih menekan senar-senar ukulele, sebab permain ukulele akan menjadi bagus akan enak di dengar bila jari-jari kita sudah lentur. Nah, mempelajari ukulele saya akan memberikan cord-cord dasar yang bisa anda pelajari dengan mudah.

Cord dalam alat musik ukulele ada dua yaitu minor dan mayor. Sebenarnya tidak hanya cord ukulele saja si yang terbagi menjadi dua semua alat musik pun demikian . dan bagi anda pemula dan sudah pernah mempelajari alat musik lain kecuali ukulele biasanya akan lebih mudah , dan malah terkadang orang yang sudah mahir dalam alat musik lain seperti contoh; Guitar maupun piano, dia biasanya mempelajari ukulele dengan cara otodidak dan berpatokan pada not ,do,re,mi,fa,so,la,si,do. Cara memainkan ukulele juga harus memperhatikan perpindahan dari satu cord ke cord yang lain agar tempo yang di dapat kuga bagus. Untuk itulah perlu di lakukan latihan rutin cara perpindahan dari cord satu ke cord yang lain. Latihlah tangan anda minimal satu jam perhari agar hasil yang di dapat memuaskan. Perpindahan memang agak susah namun lebih susah lagi belajar memetik , terkadang kita sudah mehir dan hafal semua cord namun kadang cara memetik kita masih  payah oleh sebab itulah di perlukan latihan yang rutin dan teratur.

Bila kita dalam cara memainkan ukulele sudah melewati tahap belajar ,yang selanjutnya harus di lakukan adalah belajar membawakan lagu dan belajar berduet dengan alat musik lain ataupun mengiringi rekan kita yang sedang bernyanyi. Mungkin dari kita semua bingun ,kita ingin mengiringi tapi kita tidak tahu cord lagu yang kita mau bawakan. Untuk pemula memang seperti itu ,karna kuping kita belum terbiasa dan hafal dengan cord-cord ukulele sehingga kita tidak tahu mana cord yang terlebih dahulu di mainkan . namun bagi yang sudah mahir terkadang kita hanya mendengar sebuah lagu satu kali ,kita sudah bisa memainkan lagu tersebut. Dan untuk membantu keluhan para pemula anda bisa mencari cord sebuah lagu di sebuah majalah-majalah musik ataupun mencarinya di internet.

Begitulah kira-kira proses yang begitu panjang untuk bisa memainkan alat musik yang mempunyai suara yang unik . dan bagaimanakah tanggapan anda apakah anda tertarik untuk bisa memainkan ukulele dengan baik. Memainkan ukulele sangat menyenangkan dan sangat menghibur , menghibur untuk kita sendiri mupun menghibur untuk orang lain. Dan dengan ukulele kita juga bisa menuangkan kreasi kita dalam bermusik. Itu dia artikel saya yang berjudul cara memainkan ukulele.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara memainkan ukulele"

Back To Top