Musik Jaman Sekarang

Musik Jaman Sekarang

Di Bali musik sudah di ibaratkan nyawa dari masyarakat , masyarakat Bali memang mencintai seni ,saking cintanya bali dengan seni pemerintah Bali juga mengupayakaan agar seni di daerah Bali tetap hidup , upaya tersebut bisa di lihat dari banyknya sanggar-sanggar musik di bali dan pendidikan musik di sekolahan formal. musik yang di lestarikan masyarakat bali tidak hanya musik daerah saja yang bisa di mainkann dengan gamelan ,gong dll , tetapi Bali juga melestarikan musik-musik modern seperti jazz,pop,rock. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya senggar-sanggar musik yang melahirkan gitaris hebat dan sangat berpengaruh di indonesia yang berasal dari Bali seperti contoh: Dewa budjana namanya sangat di kenal sebagai seorang gitaris grub band GIGI, belajar musiknya tidak hanya di dalam negeri saja namun sudah ke benua Eropa.

Selain mempelajari alat musik tradisional masyarakat bali memang gemar mempelajari gitar dan setiap tahunnya selalu di adakan kontes-kontes musik sebagi wujud apreasi pemerintah dan masyarakat dalam musik. dan Bali memiliki banyak gitaris yang hebat , bahkan di Bali anak yang masih kecil dan baru duduk di bangku sekolah dasar sudah menguasai tehnik-tehnik yang susah dalam gitar seperti tehik sweept picking dan taiping. Dan anak-anak tersebut tentunya akan menjadi bibit-bibit yang akan mengharumkan daerah dan negaranya kelak dan Indonesia akan melahirkan seniman-seniman yang handal.

Musik memang salah satu pilihan anak Indoonesia dalam mengekpresikan diri serta menuangkan kreatifitas, tidak heran pendidikan musik saat ini sudah ada dii mana-mana baik yang formal maupan yang non formal , baik yang biayanya murah sampai yang biayanya membuat kita harus merogoh kantong dengan dalam , tapi apabila biaya mahal tentunya di barengi dengan kualitas mendidik yang lumayan jua. Masyarakat sering membawa anak-anaknya baik yang sudah duduk di bangku sekolah menengah maupun yang masih di taman kanak-kanak kedalam sanggar-sanggar untuk mengenyam pendidikan bermusik, biasanya untuk para anak-anak yang masih duduk di taman kanak-kanak akan diberi arahan dan selanjutnya akan di suruh memilih alat musik apa yang dia sukai.Dan biasanya juga guru akan terlebih dahulu memainkan musik untuk merangsang minat si anak , dengan begitu si anak tidak bigung menentukan pilihanya.

Ada bagusnya bila memberikan endidikan musik sejak dini ,Ada alasan mengapa musik yang di pilih sebagai pendidikan sejak dini , karna musik sanagt efektif dalam melatih sebuah konsentrasi dan alat pengembang keperibadian. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengenal musik otaknya lebih cerdas di bandingkan orang yang tidak mengenal musik tapi hal tersebut ada benarnya juga si, karna untuk belajar musik saja tidak gampang perlu latiah yang tidak satu kali dua kali, hal iulah yang akan merangsang kerja otak sehingga otak bekerja dengan sempurna mungkin itulah yang di ungkapkan oleh ilmuan-ilmuan Amerika Serikat.

Dan musik sebagai alat untuk peengembang keperibadian di lihat dari aspek di mana musik bisa menjadikan orang lebih bisa merasakan hidup yang sebenarnya, karna musik mendidik manusia untuk menjadi pribadi yang percaya diri dan dan penuh kreatifitas. Dan untuk itulah pendidikan musik sangat penting bagi kita semua, dan musik juga berguna sebagai tonggak penyemangat bagi mereka yang mempunyai keterbatasan fisik .

ada banyak pemusik ketika saya menonton sebuah ajang pencari bakat saya menjumpai peserta yang tidak mempunyai tangan namun mahir dalam memainkan musik dan bernyanyi ada juga yang memiliki keterbatasan dalam pengliatan, dia bisa memainkan musik dengan menggunakan mata hatinya . Nah, inilah yang membuat saya ketersima ternyata musik bisa menjadi tonggak penyemangat hidup bagi mereka yang mempunyai keterbatasan.
Tag : info
0 Komentar untuk "Musik Jaman Sekarang"

Back To Top