Sejarah Musik Dangdut Dan Perkembangannya



Musik dangdut adalah musik yang sangat enak apabila di dengarkan membuat siapa saja yang mendengarkan menjadi ingin bergoyang . ciri khas dari musik ini adalah dari gendang dan sruling. Gendang adalah alat musik pukul yang terbuat dari kayu yang berbunyi nyaring selain di gunakan untuk mengiringi musik dangdut gendang juga sering di gunakan dalam musik-musik daerah seperti pada kesenian kuda lumping dan kesenian jawa lainya. Sedangkan sruling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu yang yang mempunyai ciri khas suara yang tinggi selain sering di pakai di mmusik dangdut sruling juga sering di pakai di musik-musik khas sunda .

 dalm perkembanganya musik dangdut kini sudah di kenal di seluruh dunia sebagai musik asal indonesia  dan pencipta musik dangdut adalah Haji rhoma irama. Roma irama adalah pria ningrat lahir di tasik malaya rhoma irama menciptakaan dangdut selain dari pada hobi rhoma irama menciptakan musik dangdut antara lain sebagai media dakwah. Musik dakwah rhoma irama sangat di terima baik oleh masyarakat luas bahkan sampai manca negara .selain sebagai musisi rhoma irama juga pernah bermain film ber sama elfi sukaisi sang ratu dangdut. Dangdut sendiri lahir pada tahun 1960-an kala itu musik dangdut di jadikan 

sontrack sebuah film dengan pemeran utama rhoma irama. Musik dangdut tercipta dari perpaduan musik hindustan dan arap dan terciptalah musik dangdut yang biasa kita nikmati ketika sedang santai.musik dangdut sendiri memiliki banyak jenis dan aliran yang berbeda berikaut aliran-aliran musik yang ada dalam musik dangdut.

  • ·         Dangdut koplo dangdut koplo adalah jenis musik dangdut yang masih menggunakan ciri khasnya yaitu gendang dangdut koplo merupakan aliran pertama di temukanya musik dangdut. Dangdut koplo senndirisering di tayangkan atau di tampilkan ketika dalam acara hajatan atau acara-acara lain.

  • ·         House dangdut house dangdut adlah aliran musik yang sedikit mengambil tema musik DJ house musik adalah musik yang sudah melalui editing suara maupun alat musik dan di buat sedemikian rupa . house musik umumnya memiliki tempo yang cepat dan asik di dengarkandan mengajak kita bergoyang.

  • ·         Campur sari campur sari adalah musik khas jawa yang berasal dari daerah jogja yang mana campursari juga memiliki genre dangdut. Cirihas dari campursari adalah biasanya menggunakan gamelan sebagai perpaduan musik agar lebih berwarna . campursari biasanya tergabung dalam orkes di mana sinden atau vokalisnya berjumlah lebih dari satu. Di indonesia sendiri campur sari sangat populer sebagai lagu asal jawa. Bahkan ada musisi dari solo yang namanya melambung berkat mempopulerkan music campur sari dan sampai sekarang orangnya masih ada tapi sudah tidak berkarya lagi dial ah musisi campursari Didi kempot. Didi kempot sudah banyak sekali menciptakan karya-karya yang beraliran campur sari.

  • ·         Pop dangdut adalah aliran music dangdut yang menggunakan gitar,drum dan keybord. Aliran music ini adalah perpaduan music dangdut dan pop. Di mana yang ditonjolkan di sini suara dari gitar dan drum. Aliran ini biasa di bwakan dalam orkes-orkes  dalam sebuah acara . biasanya juga aliran inii sering kali mengaransemen lagu pop yang di ubah menjadi dangdut.

  • ·         Slow rock dangdut adalah aliran music  dangdut yang menganut sedikit aliran rock dan tanpa menghilangkan cirikhas dari music dangdut yaitu gendang. Ini di liat dari begitu banyak solo gitar yang beraliran rock yang di terapkan pada lagu terseebut. Jenis aliran tersebut memiliki tempo yang ngebeat .

Music dangdut memang banyak macamnya .di era pada tahun 70-an banyak artis dangdut yang melambungkan nama dangdut dan membuat karya-karya yang menakjubkan. Dan berikut ini saya akan menyebutkan artis-artis dangdut yang eksis di tahun 70-anmari kita simak nama-nama tersebut:

  • ·         A.rafik

  • ·         Rhoma irama

  • ·         Elvy sukaisi

  • ·         Mansyur .s

  • ·         Muhksin alatas

  • ·         Herlina effendi

  • ·         Renold panggabean

  • ·         Camellia malik

  • ·         Ida laila


Dan itulah nama-yang popular di era tahun 70-an sebagai artis dangdut .namanya di kenang hingga sampai saat ini dan menjadi motivasi bagi kita semua.seperti kita tahu dangdut sering di identikan dengan golongan menengah ke bawah di mana ke banyakan orang yang mendengarkan adalah kalangan menengah ke bawah tapi itu bukan halangan untuk kita untuk mengidolakan dangdut karna music dangdut bila di amati mempunyai ke istimewaan dan membuat siapa saja yang mendengarkan menjadi terhibur. Mari kita bersama-sama untuk membudayakan dan mempunyai rasa bangga terhadap music daangdu sebagai music asli Indonesia.

Itu dia yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan sampai bertemu kembali dalam artikel berikutnya
Tag : info
1 Komentar untuk "Sejarah Musik Dangdut Dan Perkembangannya"

iyaap goyang mass aseeekk , haha artikel yg cukup menarik sob , terimakasih atas informasinya , jangan lupa kunjungi balik ya www.hitamabuabu.tk

Back To Top