Belajar Nada Pentatonick



Banyak sekali tehnik-tehnik di dalam permainan gitar yang membuat kita harus membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya . seperti kita tehnik- tehnik gitar biasa di terapkan dalam sebuah lagu. Tehnik tersebut adalah: tehnik kecepatan , tehnik harmonik , tehnik pentatonik,swep picking dan taiping. Tehnik gitar kecepatan perlu di latih setiap hari agar maksimal yang mana dengan melatihnya setiap hari jari anda akan lentur dan terasa ringan.kecepatan biasanya banyak di terapkan lagu-lagu nge-beat seperti lagu-lagu rock . 

kecepatan sangat di perlukan dalam aliran rock karna seperti yang kita tau lagu-lagu rock memiliki tempo yang cepat apabila kita tidak memiliki tehnik kecepatan tentu kita tidak akan bisa mengimbangi tempo dari lagu tersebut. Sedangkan Tehnik harmonik, harmonik sendiri terbagi menjadi dua yaitu natural harmonick dan pick harmonik. Yang mana kedua tehnik tersebut memiliki ciri khas suara  yang berbeda .pic harmonik memiliki suara yang kasar seperti menjerit pick harmonik biasa di gunakan dalam lagu-lagu rock maupun metal, dan pick harmonik biasa di gunakan dalam opening-opening sebuah band apabila hendak tampil . 

untuk menghasilkan sura pick harmonik di perlukan keahlian tersendiri agar derdengar sempurna.pick harmonik juga bisa di aplikasikan dengan bending yang mana suara yang di hasilkan akan lebih tajam sedangkn natural harmonick memiliki suara yang lebih lebut biasanya tehnik ini biasa di gunakan dalam lagu-lagu santai ada juga yang mengaplikasikan ke dalam instrumen fingerstyle. Swep piking adalah tehnik yang sering di gunakan musisi dunia yang mana cara menggunakanya adalah dengan menyapu-nyapu pick tentunya disertai kecepatan sedangkan untuk tehnik taiping  yaitu memencet fret denagn kuat dan cepat secara berulang- ulang.

Banyak sekali ya tehnik dalam permainan guitar pada perjumpaan saya kali ini saya mau coba menulis tentang tehnik pentatonik yang mana tehnik inii sangat sering di gunakan dalam sebuah lagu terutama genre blues. Pentatonik sebenarnya sudaah ada sejak dulu yang mana di indonesia sendiri permainan penta tonik biasa di aplikasikan dalam gamelan jawa dan pada perkembanganya sekarang pentatonik sudah di aplikasikan dalam permainan gitar. Dalam bahasa yunanani  sendiri penta tonik diartikan lima nada karna memang jumlah nadanya yang berjumlah lima. Pentatonik juga memiliki suara yang khas yang mana akan indah bila di aplikasikan dalam lagu santai.

 Di indonesia sendiri ada gitaris yang sering memainkan tehnik pentatonik dia adalah abdhe negara dan eros candra . abdhe negara adalah musisi kelahiran sulawesi yang mendapatkan gelar gitaris terbaik. Abdhe negara adalah gitaris untuk band indonesia SLANK . tidakk hanya abdhe eros candar pun sering menggunakan tehnik tersebut sebagai ciri khas dalam permainan gitarnya . eros adalah gitari sekaligus pencipta lagu bagi band shela on7. Memainkan penta tonik memang sangat menyenangkan dan nikmat di dengar di telinga apbila di aplikasikan dengan drum dan bass. Dan cara mempelajari tehnik pentatonik ini pun sangat mudah dan pola nya pun mudah di pahami. Nah berikut saya akan memberi skala pentatonik unatuk anda pelajari di rumah.




Ada 5 pola yang semuanya memiliki nada rendah dan tinggi anda bisa megolahnya di rumah minimal satu jam setiap hari . nada pentatonik mayor juga bisa  di rubah menjadi minor sebagai perpaduan. Caranya adalah mengurangi nada yang tadinya bersuara satu nada di kurangi menjadi setengah nada. Cirihas tersebut biasa di gunakan gitaris A7x .kelima nada tersebut juga bisa di aplikasikan dalam taiping bernada blues yang sangat keren bila di dengar . penta tonik juga menjadi tehnik yang sering saya mainkan apabila sedang latihan dan semuanya mudah dan membuat warna musik lebih bagus . apabila anda tertarik untuk mendalaminya anda hanya perlu mempelajarinya dengan tekun . kalu anda sudah mengusai tehnik penta tonik tersebut anda bisa menciptakan instrumen blues sendiri dan mencari sebuah cover lagu dengan mudah di karnakan sudah memiliki dasarnya.

Penta tonik memiliki keunggulan di dalam dunia musik di karnakan tehnik tersebut banyak yng berminat yang mempelajarinya di indonesia sendiri anak masih duduk di bangku sekolah dasar tapi dia sudah menguasai tehnik tersebut. Gitaris dunia juga ada yang sudah panatik dengan tehnik tersebut dia adalah Joe satriani yang mana sejak masih kecil dia sudah mengenal tehnik tersebut dan sekarang sudah menguasai dengan baik dan sekarang di nobatkan sebagai gitaris terbaik termuda . joe satriani juga sudah menggarap album solo nya dan semunya di terma baik di masyarakat.  Keberhasilan tersebut di dapat berkat dorangan dari keluarga dan sang Guru steve vai .

gitaris plontos tersebut sudah banyak tampil di seluruh belahan dunia dan dulu juga sempat berkoloborasi dengan musisi indonesia ian antono gitaris band legendaris god blles. Nah itu saja yang biasa saya sampaikan dalam tulisan saya kali ini samapi jumpa kembali dalam tulisan saya selanjutnya , semoga  bermanfaat.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Belajar Nada Pentatonick"

Back To Top