Lagu Daerah Yang Populer Di Indonesia



Lagu daerah lagu adalah lagu yang di miliki setiap daerah dahulu lagu daerah biasa di gunakan untuk menyambut tamu istimewa dan juga acara hajatan serta di padukan dengan sebuah tarian dan alat musik.  Indonesia memang beragam budaya , bahasa dan sukunya dan setiap suku memiliki lagu daerah masing-masing sebagai aset dan cirihas suku tersebut. Sayangnya anak jaman sekarang lebih memilih lagu band di bandingkan lagu daerahnya sendiri padahal senurut saya lagu daerah itu lebih bagus di bandingkan lagu band dan lagu daerah juga akan populer sepanjang masa berbeda dengan lagu band yang hanya pouler paling lama dua bulan. Dalam perkembanganya lagu daerah terus di nyanyikan bahkan banyak musisi indonesia yang mengaransemen lagu daerah itu semua di lakukaan agar generasi mudah bisa tahu dengan lagu-lagu daerahnya masing-masing.
 Nah pada tulisan saya kali ini saya akan mencobaa menulis tentang lagu-lagu daerah yang populer di indonesia.

  • ·         Anak kambing saya

adalah lagu daerah yang sangat populer di indonesia yang berasal dari nusa tenggara timur. Lagu ini bercerita tentang seorang anak yang menanyakan anak kambingnya yang pergi. Lagu ini memiliki ke unikan dari lirik nya di karnakan lagu tersebut mempunyai lirik yang saling tanya jawab dan enak jika di nyanyikan menggunakan alat musik. Sekarang lagu tersebut mulai di aransemen dan di nyanyikan ulang agar tetap terlestarikan.

  • ·         Injit-injit semut

Adalah lagu teradisional asal jambi lagu tersebut sangat populer di indonesia dan biasa di nyanyikan dalam permainan khas jambi yang mana isi dari permainan tersebut adalah saling mencubit punggung tanagan lawan yang mana siapa saja yang tahan dengan cubitan tersebut dia adalah pemenangnya . di indonesia sendiri lagu ersebut sering di ajarkan di sekolah-sekolah dasar. Hal itu bertujuan agar murid mengenal lagu daerah indonesia.

  • ·         Naik naik ke puncak gunang

Lagu tersebut adalah sangat populer di kala saya masih kecil kala itu saya sedang melakukan perjalanan ke puncak gunung dan ibu saya selalu menyanyikanya untuk saya . lagu naik-naik ke puncak gunung berasal dari maluku dan tetap populer dinyanyikan sebagai lagu daerah dan lagu anak-anak. Isi dari lagu tersebut adalah menceritakan tentang seorang anak yang hendak melakukan perjalanan ke puncak gunung dan dia menikmati suasana di sekitar pegunungan di mana banyak pohon cemara.

  • ·         Gundul-gundul pacul

Lagu tersebut adalah lagu dari jawa tengah yang di ciptakan oleh sunan kali jaga di tahun 1400. Selain sebagai lagu daerah lagu tersebut juga di sebut sebagai lagu dakwah di mana isi dari lagu tersebut adalah syarat untuk menjadi pemimpin yang bijak sana dan memikirkan nasib rakyatnya. Dan arti lagu gundul-gundul pacul adalah bahwa pemimpin  bukan orang yang di beri mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul untuk mencangkul, dan mengupayakan kesejahteraan pada rakyatnya.

  • ·         Tokecang

Tokecang adalah lagu asal jawa barat yang mana menceritakan hewan tokek yang makan kacang. Lagu ini juga pernah menjadi sountrek dalam sebuah film anak-anak pada jaman saya masih kecil . di daerahnya sendiri lagu tersebut biasa di gunakan sebagai pengiring sebuah permainan teradisional di jawa barat. Lagu tokecang juga masih sering di nyanyikan dalam acara-acara tertentu.

  • ·         Yamko rambe yamko

Adalah lagu yang populer di indonesia yang berasal dari papua lagu tersebut memang terdengar sebagai lagu yang riang namun siapa sangka lagu yang terdengar riang malah justru menyimpan makna kesedihan. Di mana dalam cerita lagu tersebut lagu ini menceritakan tentang peperangan antar suku yang saling bunuh. Lagu ini sangat bagus di nyanyikan bersama-sama terlebih dengan alat musik.

  • ·         Sajojo

Adalah lagu daerah populer asal papua lagu ini menceritakan tentang seorang pemuda yang mengidam-idamkan seorang perempuan cantik dan di idamkan oleh para lelaki. Dan seorang pria tersebut selalu mengimpikan bisa berjalan bersama dengan seorang gadis.

  • ·         Kampuang nan jauh di mato

Adalah lagu asal sumatra barat yang di ciptakan oleh A.minos yang mana isi dari lagu tersebut adalah tentang seorang yang merantau dan selalu merindukan kampung halaman dan suasana kampung tersebut dimana penduduknya suka bergotong royong.

  • ·         ES lilin

Adalah lagu yang berasal dari jawa barat yang sangat populer yang mana lagu ini menceritakan tentang perempuan yang malu terhadap laki-laki yang hendak mendekatinya. Namun di bagian akhir kalimat perempuan itu harus meninggalkan pria tersebut untuk urusan tertentu.

  • ·         Apuse

Apuse adalah lagu daerah asal papua yang mana apuse yang mempunyai makna kakek atau nenek lagu ini mengisahkan tentang perpisahan seorang cucu dengan kakeknya.lagu ini juga menjadi lagu yang sangat populer di indonesia karna lirik dan nadanya yang bagus.

  • ·         Rasa sayange

Adalah lagu asal maluku lagu ini mengisahkan tentang seorang mengungkapkan rasa sayangnya terhadap lingkungan dan sosialisali masyarakat lagu ini juga memiliki banyak versi yang di buat sendiri yang mana lirik asli dari lagu tersebut seperti sajak atau pantun oleh karna itu banyak orang yang merubah liriknya untuk tujuan tertentu.

  • ·         Kicir-kicir

Adalah lagu daerah asal jakarta yang termasuk kebudayaan indonesia lagu di atas menceritakan tentang manfaat menyanyi sebagai obat penghilang steres dan menimbulkan kegembiraan dan kesehatan. Namu di bagian syair yang terakhir mengisahkan tentang orang yang rajin bekerja pasti berguna bagi masyarakat.

  • ·         Ampar-ampar pisang

Adalah lagu daerah dari Kalimantan barat yang mana isi lagu tersebut menceritakan tentang pisang yang di ampar atau di susun dan di grumuti hewan kecil yang di Kalimantan di sebut bari-bari dan di akhir lagu menceritakan binatang yang di takuti oleh anak-anak yaitu biawak, masyarakat di Kalimantan biasa menggunakan kalimat dikitipi dawang untuk menakuti anak kecil yang suka mencuri pisang.
Itu dia informasi tentang lagu daerah yang terpopuler ,semoga bermanfaat bagi anda semua dan tetap budayakan lagu daerah sebagai asset berharga Negara kita. Sampai jumpa kembali
Tag : info
0 Komentar untuk "Lagu Daerah Yang Populer Di Indonesia"

Back To Top