Belajar Alat Musik Saksofon



Saksofon adalah alat musik tiupa yang terbuat dari logam  saksofon merupakan alat musik tiutp yang mempunyai nada yang cukup tinggi sama halnya dingan violin. Saksofon juga merupakan alat yang di gunakan dalam grup-grup militer yang mana mereka menggunakan sebagai instrumen pengiring drum mereka membawa saksofon biasanya sebih dari satu yang mana mereka sering membawakan lagu kebangsaan. Selain sering di gunakan dalam grup militer safsofon juga sering di gunakan dalam musik jazz yang mana dengan saksofon tersebut nuansa jazznya lebih kental. Tehnik bermain yang sering di gunakan dalam musik jazz adalah menggunakan tune berikut soprano(Bb), alto(Eb), tenor(Bb) dan bariton (Eb). Dan indonesia juga pernah memiliki musisi saksofon yang sangat terkenal dia dalah embong raharjo beliau lahir di jawa tengah solo pada tahun 26 januari 1950 dan wafat pada tahun 30 november 2001. Bakatnya di miliki sedari iya kecil yang mana dia di latih oleh gurunya yang sekaligus orang tuanya yaitu R sunamo. Embong juga sering mengikuti festifal-festifal saksofon dan pernah juga tergabung dalam sebuah grup Gold Guys band mereka sangat populer pada awal 90-an .  nah berikut saya akan meberikan informasi tentang cara memainkan saksofon .
  • ·         Embouchure
Adalah tehnik meniup untuk menghasilkan suara yang baik yang mana bibir akan membentuk sungai yang dalam . tehnik ini harus menmperhatikan seberapa banyak mouthpiece yang masuk ke dalam mulut jika terlalu sedikit bunyi yang di hasilkan akan sanagt kecil yang bagus adalah dengan melihat bagian samping mouthpiece  yang mana sudah ada pembatas seberapa dalam mulut kita masuk ke dalam mouthpiece tersebut.
  • ·         Tongue
Tongue adalah tehnik yang sangat penting untuk meningkatkan atack atau kecepatan yang mana tehnik tersebut adalah tehnik lidah. Cara menggunakan tehnik tersebut adalah dengan mengucap(dah ) ketika ujung lidah menyentuh red . tehnik tongue atau tehnik lidah sangat penting di pelajari oleh para pemula.
  • ·         Breathing
Breathing adalah tehnik pernapasan adalah tehnik melatih pernapasan agar bagus dalam memainkan saksofon dan tidak ada kendala. Mengolah pernapasan dalam saksofon sangat penting yang mana karna bermain saksofon sudah seperti olah raga . fungsi pernapasan di dunia ini selain untuk mahir saksofon pernapasan juga baik untuk tubuh . yang mana di antaranya pernapasan bisa membuat hati tenang yang mana cara menggunakanya adalah dengan cara melatih pernapasan yoga . melatih pernapasan dengan cara menahan napas 10 menit setiap hari juga memiliki dampak baik yang mana hal tersebut akan menghindarkan kita dari penyakit paru-paru. Pernapasan juga membuat kita bugar dan selalu sehat yang mana orang yang melakukan pernapasan setiap hari badannya akan kencang dan berurat.
dalam sebuah olah raga bela diri tehnik pernapasan juga sering di gunakan di mana pernapasan tersebut berfungsi mengeluarkan energi yang ada di dalam tubuh.
Nah itu dia tentang tehnik dasar saksofon semoga informasi di atas berguna bagi anda sampai jump Lagi dalam tulisan saya yang selanjutnya
Tag : tips
0 Komentar untuk "Belajar Alat Musik Saksofon"

Back To Top