Tehnik -Tehnik Dalam Bermain Bass



Bass adalah alat musik dawai yang mempunyai 4 senar jumbo bas sering di gunakan dalamsebuah musik populer di dunia seperti jazz,rock,pop,blues dll. Bass biasabya di minkan untuk mengikuti tempo dari gitar yang . dalam permainan usik bass biasa di mainkan secara acoustik dan ada juga yang menggunakan efek. Yang bagus menurut saya adalah dengan menggunakan efek yang mana suara yang di hasilkan akan menarik untuk di dengar. Di indonesia sendiri banyak basis-basis yang terkenal dan mempunyai sekil yang luar biasa dia juga sering membuat instrumen-instrumen yang bagus. Dia adalah bondan prakoso dia adalah vokalis ,basiss, sekaligus pencipta lagu untuk band bondan and fade twoblack . kelihaianya dalam memainkan bass dia dia sering mendapatkan penghargaan dan sering juga mendapatkan juara dalam ajang bass solo se jakarta. Ada juga thomas yaitu basis band GIGI yang mana thomas juga memiliki sekil yang bagus yang mana dia besarkan oleh keluarganya yang memang penghobi seni ayahnya sendiri seorang pemain biola yang terkenal . dia mendapatkan ilmu tentang bass dari ayah tirinya yang memang seorang basis .
Nah selanjutnya saya akan menuliskan tentang tehnik-tehnik dasar bermain bass nah mari kita simak bersama-sama.

  • ·         Alternatif picking

Adalah tehnik memetik senar bas menggunakan dua jari yaitu jari manis dan jari tlunjuk, tehnik tersebut adalah yang sangat umum di gunakan dalam mengiringi sebuah lagu. Tehnik ini sangat sering di gunakan dalam sebuah lagu pop atau lagu santai yang lainya. Cara menggunakan tehnik ini pun sangat mudah dimana kedua jari saling bergantian memetik sehingga bisa untuk mengimbagi tempo yang cepat apabila membawakan lagu beat.

  • ·         Up down thumb

Adalah tehnik yang menggunakan keempat jari untuk memetik yang mana di dalam di dalam sebuah permainan gitar di sebut fingerstyle. Dengan tehnik ini anda juga bisa memakai pick untuk memetik dan ketiga jari lainya juga ikut memetik . tehnik ini biasa di gunakan untuk memainkan sebuah instrumen ataupun solo.

  • ·         Slapping

Adalagh tehnik bass dengan cara memukul-mukul senar dengan jempol maupun telapak tangan . pemukulanya pun tidak boleh sembarangan harus mengggunakan ketukan sehingga bunyi yang di hasilkan bagus dan mirip dengan alat musik perpusi.

  • ·         Popping

 Adalah tehnik bass yang sering di gunakan untuk solo bass ataupun beradu sekil dengan pemain bass yang lain . cara menggunakan tehnik ini adalah dengan cara menarik senar atau membetot dan melepaskanya kembali dan di lakukan dengan cepat.

  • ·         Tapiing

Adalah tehnik bass yang juga sering di gunakan dalam permainan gitar . cara menggunakan tehnik tersebut adalah dengan menggunakan kedua tangan sedangkan jari meencet dan dan di lepas dengan cepat sehingga tampak kelihatan seperti mencolek.

  • ·         Neck banding

Adalah tehnik yang cara menggunakanya adalah petik dahulu senar bass lalu tekan senar yang ada di luar freet sebelah penyeteman tekan dan lepas secara berulang-ulang.
Nah itu dia yang bisa saya sampaikan tetang tehnik bass semoga bermanfaat bagi anda dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik -Tehnik Dalam Bermain Bass"

Back To Top