5 cara mudah mengetahui suara fals pada guitar dalam waktu 30 menit. Dan cara mengatasinya.

5 cara mudah mengetahui suara fals pada guitar dalam waktu 30 menit. Dan cara mengatasinya.

Gitar yang baik bukan berasal dari tampilan fisiknya, gitar yang baik adalah gitar yang mempunyai suara bagus .kita mengalami berbagai keluhan dalam bermain gitar ,keluhan tersebut antara lain:
1.Bingung mau memainkan lagu apa.
2.Lupa cord lagunya.
3.Suara gitar fals.
Di antara ke-3 keluhan tersebut, yang menjadi keluhan paling serius adalah masalah gitar fals. Masalah suara fals pada gitar memang merupakam masalah yang serius dan sangat berpengaruh pada kualitas permainan gitar anda. ada banyak faktor yang membuat gitar anda mempunyai suara fals. Dan berikut faktor-faktor penyebab fals pada suara gitar.
A. Posisi Setang gitar, Bengkok

Posisi setang yang bengkok sangat berpengaruh pada suara gitar, dimana steman dapat berubah-ubah dengan sendirinya, hal tersebutlah yang membuat gitar bersuara fals.

B.kualitas senar yang buruk

Senar merupakan komponen utama dari gitar, periksalah senar gitar anda , ganti senar yang sudah mengelupas dan berkarat dengan yang baru. Senar yang mengelupas dan berkarat sangat berpengaruh pada suara gitar, selain itu menggunakan senar yang terklupas dan berkarat juga sangat berbahaya bagi jari-jari anda. Senar yang di gunakan tidak harus mahal yang penting baru, ada baiknya mengganti senar sekaligus 1 set, dengan begitu suaranya akan lebih bagus.

C. Fret yang sudah menipis

Fret yang sudah menipis akan menimbulkan suara fals. Adapun masalah lain yang di timbulkan akibat fret yang menipis yaitu, bunyi yang di hasilkan akan sama dengan fret sebelahnya.

D. Mengelupasnya lem pada tabung, sehingga tabung menjadi berlubang.

Tabung yang berlubang juga sangat berpengaruh pada suara yang di hasilkan, karna suara yang seharusnya keluar pada lubang yang sudah di sediakan, berpindah keluar pada bagian yang yang bolong ter sebut. Dan hal tersebut akan membuat gitar mengeluarkan suara fals.

E. Rusaknya komponen eletktronik

Suara fals juga bisa timbul dari perangkat elektronik seperti, spul dan pick-up. Anda dapat memeriksanya sendiri dengan membunya bila anda ragu untuk membukanya anda bisa memanggil orang yang sudah berpengalaman untuk membantu anda.

Kelima poin tersebut adalah penyebab timbulnya suara fals pada guitar anda. Dan cara mengatasinya adalah.

A. Cara mengatasi setang bengkok

Anda dapat melepaskan terlebih dahulu senar-senar yang ada pada guitar. Setelah itu lepas setang guitar , beri lem kayu lalu pasang kembali dengan posisi lurus dan biarkan sampai lem benar-benar kering.

B. Cara mengatasi fret yang sudah menipis

Untuk poin senar tidak perlu saya jelaskan ya. Langsung saja ke poin ftet. Anda dapat mengganti fret-fret tersebut dengan yang baru ,caranya adalah ,
1. Lepas semua senar
2.Lepas fret-fret yang menipis dengan cara di congkel.
3. Pasang fret yang baru , dengan posisi sejajar atau sama tingginya dengan fre-fret yang lain. Gitar akan menghasilkan suara yang fals bila pemasangam fret tidak sama rata.

C. Mengatasi gitar yang berlubang

Untuk mengatasinya anda dapat mengelemnya dengan lem kayu. Dan berikut tata caranya.
1. Lepas semua senar pada gitar
2.Lapisi lubang dengan lem dan atur posisinya agar pas dan selanjutnya di cepit agar posisi tidak berubah dan diamkan sampai lem benar-benar kering.

Dan cara di atas bisa anda praktekan di rumah, itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda, trimakasih sudah mengunjungi artikel saya berjudul, " 5 cara mudah mengetahui suara fals pada guitar dalam waktu 30 menit. Dan cara mengatasinya".



Tag : tips
0 Komentar untuk "5 cara mudah mengetahui suara fals pada guitar dalam waktu 30 menit. Dan cara mengatasinya."

Back To Top