Tehnik-Tehnik Melodi Pada Guitar

Tehik-tehnik melodi pada guitar- apa itu yang dinamakan tehnik melodi..? tentunya
petikan tunggal yang keluar dari dalam suara gitar tentunya.melodi juga berupa not-not yang di petik dengan cara tunggal atau tanpa perpaduan senar lain. tehnik melodi gitar tidak pernah jauh dari permainan gitar , dimana tehnik guitarlah yang membuat permainan guitar menjadi menarik dan mengasyikan tentunya.tehnik melodii juga menjadi penanda pemain gitar , dimana kita dapat melihat gitaris yang hebat maupun gitaris yang biasa saja dan semua dapat terlihat dalam permainan melodi tersebut. bila permainan melodinya bagus pastilah orang tersebut sudah benar-benar mahir dalam memainkan guitar. untuk mempelajari melodi terbilang cukup susah ,membutuhkan tenaga dan pikiran khusus dalam mempelajarinya . namun bila kita sudah mahir dalam mempelajarinya kita akan dengan mudah memainkan melodi yang kita suka.

Berbicara tehnik melodi, tentunya saya teringat gitaris pendiri aliran rock pertama yaitu jimmy Hendrick . dalam lagu-lagunya jimmy selalu menonjolkan solo guitar atau melodi sebagai andalanya . karna kepiawainya dalam memainkan solo guitar tersebut jimmy hendrik di nobatkan sebagai gitaris tebaik saat itu. permainan gitarnya juga sempat membuat para personil The Beatles takjub , dimana mereka mengaku kagum dengan kemampuan yang jimmy miliki. hebatnya lagi jimmy memainkan solo sambil menyanyi tentulah itu adalah hal yang sulit karna membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk berlatik. permainan jimmy hendrik dalam solonya sering menggunakan tehnick pentatonick dan di padukan dengan taiping dan sweepicking

Dan berbicara tentang tehnik melodi, pastilah dari anda pernah merasakan kebingungan tentang melodi . dimana anda sudah mahir dan mengusai kunci dasar namun anda bingung lantas untuk menggunakan melodi bagaimana caranya..?. jawabnya gampang, tehnik melodi sebenarnya ada di sela-sela cord yang kita pencet dan di sela -sela tersebutlah terdapat not-not atau nada-nada yang bila kita petik dengan cara petik tungga dapat menghasilkan solo melodi. dan di situlah asal melodi-melodi yang biasa di mainkan para gitaris handal yang biasa kita lihat . memang untuk merangkai not satu dengan not yang lain membutuhkan ketekunan karna memang tehnik ini tidak mudah dan memerlukan latihan khusus.

Agar hasilnya bagus dan bisa cepat mahir dalam memainkan guitar anda perlu melakkan latihan secara rutin setiap hari.latihan harus rutin minimal sekita 2 jam  setiap hari. latihan biasa mengunakan tehnik aprigo atau pikcing dengan pola ke  bawa dan ke atas dan pindah terus sampai ke ujung freet. dengan latihan rutin setiap hari anda bisa dengan cepat mahir dalam memainkan guitar. latihan tidak perlu lama-lama yang penting rutin setiap hari apabila tangan sudah mulai pegel anda boleh berhenti dan istirrahat serta melemaskan otot yang kaku . dalam melatih jari-jari jangan sampai memaksakan diri karna segala sesuatu yang memaksakan diri tentu akan berdampak buruk bagi kita . untuk itu latihan tidak perlu lama yang penting rutin setiap hari dan tidak boleh putus-putus.

Dan permainan melodi adalah permainan yang bisa membuat orang-orang di sekitar kita kagum karna keindahan suara yang di hasilkan dari suara melodi  tersebut. dengan mempelajari melodi , kita termasuk di kategorikan sebagai gitaris yang cukup di perhitungkan dan dapat pula di sebut sebagai gitaris hebat. dan orang yang berlajar gitar tapi belum menguasai tehnik melodi ibarat orang minum kopi tanpa gula, untuk itulah belajar melodi menjadi hal yang wajib bagi gitaris.untuk itulah kita wajib mempelajari melodi agar permainan gitar kita menarik dan dapat menghibur.

Dan berikut saya akan mengenalkan tehnik-tehnik meldi yang biasa di gunakan para gitaris-gitaris hebat dan berikut infonya:

  • Taiping
"Adalah tehnik yang cara memainkanya adalah dengan menggunakan kedua tangan kita yang mana kita dapat menggunakan jari tengah maupun jari telunjuk. untuk memainkan tehnik tersebut anda harus melatih tangan anda agar dapat melakukan taiping dengan waktu yang lama".
  • swepp picking 
 "Adalah tehnik yang cara memainkanya adalah dengan cara menyapu-nyapu fret. tehnik ini juga tergolong tehnik yang sangat sulit karna kita harus mempunyai speed yang cepat dan akurat".
  • Banding
    "Adalah tehnik dengan menggerak-gerakan senar yang sedang berbunyi sehingga akan menghasilkan nada yang lebih tinggi atau juga lebih rendah.tehnik wajib digunakan".    


    itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih sudah mengunjungi artikel saya.

Tag : info
0 Komentar untuk "Tehnik-Tehnik Melodi Pada Guitar"

Back To Top