Tehnik-Tehnik Dalam Permainan Biola



Dalam memainkan biola ada yang harus di teerapkan selain coerd biola yaitu tehnik-tehniknya yang mana tehnik tersebut bertujuan untuk membuat permainan semakin menarik dan bagus . dalam sebuah permainan biola biasanya mmenggunakan tehnik tersebut hukunya wajib bagi pemain –pemain biola yang mana hal itu menunjukan orang yang mempunyai sekil tinggi. Pemain biola dunia juag sering mengaplikasikan tehnik biola dalam setiap instrumenyaa agar mempunyai suara yang bagus dan menarik untuk di dengar. Permainan biola memang sangat identik dengan suaranya yang sangat tinggi yang mana suara itu sangat enak apabila di sandingkan ketika kita sedang santai  dan berasa mendapatkan ketenangan jiwa yang dalam. Tapi untuk menghasilkan suara yang bagus melalui biola tentunya perlu di terapkannya sebuah tehnik yang ada dalam biola itu sendiri .
Nah pada perjumpaan saya kali ini saya akan membahas tentang tehnik-tehnik yang ada dalam permainan biola nah langsung saja yah kita simak bersama-sama.

  • ·         Tehnik tiup suling

Tehnik tiup suling adalah tehnik di mana cara penggunaanya yaitu dengan menyentuh senar dengan perlahan dan tidak dengan tekanan . tehnik ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa memainkan senar yang terbuka yang mana apabila anda ingin menggunakan tehnik tersebut pastika anda hafal dengan titik not instrument yang anda mainkan.
Di sebut tiup suling di karnakan bunyinya yang memang seperti suling.

  • ·         Tehnik selur

Tehnik selur adalah tehnik yang mana cara menggunakanya adalah dengan cara di geser. Yang mana bila anda ingin berpindah nada perpindahanya dengan cara di geser contoh bila anda berada di senar nomer satu dan memencet menggunakan jari nomer satu pada nada D ,pindahlah ke nada E dengan cara di geser. Itulah yang di namakan tehnik selur.

  • ·         Pizzicato

Adalah tehnik biola yang cara memainkanya tanpa menggunakan alat gesek biola melainkan dengan cara di petik yang mana anda bisa memetik senar dengan telunjuk tangan kanan sedangkan tangan kiri memencet senar. Itu dia yang di namakan tehnik pizzicato.

  • ·         Tehnik fibra

 Adalah tehnik yang sering di gunakan oleh pemain biola handal untuk mengiringi lagu bertempo cepat cara menggunakan tehnik ini adalah menggesekan senar dengan menekan dengan sangat cepat.

  • ·         Staccato dan spicato

Yaitu tehnik dengan memantulkan busur bagian bawah ke senar dengan kecepatan yang tinggi. Untuk melakukan tehnik ini harus mempunyai kelincahan terutama di bagian tangan kiri sebagai pemencet senar.

  • ·         Tehnik martele yaitu tehnik yang menggunkan sedikit penekanan pada sebuah gesekan , yang mana sedikit penekanan akan menghasilkan perpaduan antara tinggi rendahnya nada.

  • ·         Tehnik tremolo

Cara memainkan tehnik ini adalah dengan cara di petik dan harus di sertai dengan kecepatan yang sangat tinggi . tehnik ini juga bisa di gunakan untuk semua ajenis alat music dawai.

  • ·         Cel legno

Adalah tehnik yang cara menggunakannya adalah dengan bagian kayu pada busur . cara menggeseknya pun tidak boleh terlalu keras.

  • ·         Doble strokes

Adalah tehnik yang di gunakan untuk menghasilkan cord yang mana tehnik ini menggesek dua senar dengan nada yang berbeda.
Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang tehnik-tehnik pada alat music biola semoga bermanfaat bagi anda
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tehnik-Tehnik Dalam Permainan Biola"

Back To Top