Mengenal Alat Musik Angklung Dan Cara Memainkannya



Angklung adalah alat musik yang berasal dari jawa barat yang terbuat dari bambu . anglung mempunyai suara yang unik sahingga menjadi aset kebanggaan indonesia angklung akan lebih bagus bila di padukan dengan drum ataupun gendang. Anglung biasa di mainkan untuk instrumen sebuah lagu . cara memainkan alaat musik angklung adalah dengan cara di goyangkan di mana pipa akan saling berbenturan dengan bambu sehingga menghasilkan suara . angklung juga sering di gunakan para pengamen di jogja untuk mengamen di alun-alun kota . angklung juga sering di adakan dalam acara –acara pertunjukan . suara angklung memang membuat siapa saja yang mendengarkannya jadi jatuh cinta yang mana suaranya yang unik kadang juga membuat orang ingin belajar bagaimana cara memainkan anglung. Saat ini angklung sudah masuk sanggar-sanggar yang  mana bila ingin mempelajarinya anda bisa satang ke sanggar kusus anglung untuk mendapatkan pekajaran tentang angklung.

Belajar angklung susah-susah gampang si tapi yang utama kita harus mempelajarinya agar cepat mahir. Di dalam sekolah angklung juga sudah masuk ke sekolah yang mana anglung masuk ke sstudi kesenian dan hal ini di lakukan agar anak-anak indonesia mengetahui alat musik yang ada di negaranya sendiri dan tidak hanya tau alat musik band. Belajar angklung memberikan kesan tersendiri apabila yang mengajari kita orang yang sudah mahir dan banyak pengalaman tentang alat musik bambu tersebut. Nah  pada perjumpaan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara memainkan anglung yang semoga bermanfaat bagi anda semua mari kita simak bersama-sama.
  • ·         Yang pertama yang harus di lakukan adalah memposisikan angklung dengan lurus dan jangan samapai miring. Dan pastikan posisinya tabung yang tinggi berada di sebelah kanan pemain sedangkan yang kecil berada di sebelah kiri pemain.
  • ·         Hal yang kedua masih dalam keadaan posisi anglung yang lurus yang mana tangan kiri memegang bagian atas simpul anglung sedangkan tangan kiri memegang anglung bagian bawah.
  • ·         Dan cara menggetarkanya adalah dengan menggunakan tangan kanan yang berada di bawah angling sedangkan untuk tangan kiri jangan ikut menggoyangkan ,tangan kiri di fungsikan hanya untuk memegang bagian atas agar tidak jatuh. Goyangkanlah anglung ke kiri dan ke kanan dengan cepat dengan begitu suara yang di hasiilkan akan maksimal.
  • ·         Apabila anda menggunakan angklung yang cukup besar ada baiknya bila angklung di dekatkan dengan tubuh agar memudahkan kita dalam memainkanya apabila anglung yang di mainkan masih berukuran kecil cukup di pegang saja tetapi harus di beri jarak antara anglung tersebut dengan yang lain agar tidah saling bersenggolan dan mengganggu permainan anda.
 Cukup mudah bukan cara memainkan angklung yang mana bisa anda peraktekan di rumah apa bila anda mempunyai anglung di rumah. Tehnik di atas adalah dasar cara memainkan anglung yang mana permainan anglung tersebut bisa anda coba sendiri dan bisa anda padukan dengan alat music yang lain agar lebih menarik.
Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang anglung semoga bermanfat bagi anda  dan tetap lestarikan budaya yang di miliki baik itu lagu ataupun kesenian yang lain jangan sampai keragaman budaya kita di klaim oleh Negara lain.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Mengenal Alat Musik Angklung Dan Cara Memainkannya"

Back To Top