Mengenal Bagian –Bagian Alat Musik Drum



Sebelum anda mahir dalam memainkn drum usaha kan anda tahu nama-nama yang ada bagian drum tersebut hal itu sangat penting bagi seorang drummer . mengenal nama bagian drum sangat penting apabila anda mengikuti bimbingan atau kursus drum hal sang pelatih biasanya membahas tentang hal itu. Mengenal bagian drum memang sangat gampang apa lagi bagian tidak terlalu banyak. Di dalam drum nama istilah tersebut menggunakan bahasa inggris. Yang mana hal itu di lakukan agar semua orang di seluruh dunia mengetahui , karna bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang mana di negara seluruh dunia pasti mempelajari bahasa tersebut. Nah kalau dulu saya pernah memposting tentang tehnik-tehnik yang ada di dalam drum kali ini saya akan mempossting tentang nama-nama yang ada di dalam bagian drum tersebut. Nah mari kita simak info nya.

  • ·         Bass drum

Bas drum adalah bagian drum yang letaknya di bawa dan di pukul menggunakan pedal . dalam sebuah musik bas drum biasanya mengikuti irama dalam gitar bass . dalam menggunakan pedal drum ini tergantung pada lagu yang mana pada bila membawakan lagu santai menggunakan satu pedal bila membawakan lagu bertempo cepat maka  maka menggunakan dua pedal atau yang di sebut doble pedal.

  • ·         Snare drum

Adalah bagian drum yang letaknya di tengah dan di posisikan tepat di depan badan kita . snare drum merupakan nyawa bagi sebuah drum yang mana drum tidak akan bisa bagus tanpa snare drum . sedangkan senare drum tetap bisa di mainkan untauk permainan solo atau juga di padukan dengan alat musik lain.

  • ·         Tom –tom

Adalah bagian drum yang biasanya di letakan di depan senare drum yang mana tom-tom terbagi menjadi yaitu tom-tom flour tom dan rack tom. Flour tom adalah jenis tom-tom yang menggunakan kaki dana di dirikan sebelah simbal sementara rack tom tidak menggunakan kaki melainkan menggunakan rack yang biasanya di letakan di sebelah snare drum.

  • ·         Cymbal

Adalah bagian drum yang mempunyai bentuk piringan dan mempunyai du buah piringan yang saling menutup. Cymbal di mainkan dengan pedal hit-hat yang berada di bagian bawah . cymbal juga bisa di seting menjadi kencang maupun kendor tergantung dari anda . utuk melakukan sebuah permainan drum solo disco biasanya menggunakan setelan yang agak kendor dan cara menggunakanya dengan melepas dan menginjak hit hat secara terus menerus. Sedangkan untuk memainkan lagu santai biasanya hit-hat dalam cymbal biasanya selalu terinjak . tapi tidak semua lagu santai seperti itu si tergantung lagunya juga.
Itu dia nama-nama bagian drum yang mana nama diaatas adalah nama-nam drum dalam drum empat piece yang umum di gunakan dalam musik-musik pop indonesia . nah itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan sampai berjumpa lagi di artikel yang berbeda
Tag : tips
0 Komentar untuk "Mengenal Bagian –Bagian Alat Musik Drum"

Back To Top