Belajar GITAR



Hmm dalam permainan gitar banyak sekali tehnik yang harus di pelajari dan di kuasai agar dapat memainkan lagu cover dengan baik .para gitaris biasanya blajar gitar melalui kursus,sekolah, atau ada juga yang belajar sendiri(otodidak). Sekarang sudah banya sekali kita temui sekolah-sekolah seni musik di indonesia dan kualitas pendidikanya pun lumayan bahkan banyak musisi yang berasal dari sekolah tinggi seni . tapi tanpa sekolah pun asal kita tekun dan rajin pasti bisa hasilnya tidak kalah dengan yang sekolah . saat ini di dalam dunia musik banyak musisi handal yang banyak membagi ilmunya atau sering bahkan ada yang membuka kursus musik. Bicara tentang musik yang ada di benak kita adalah suara yang berirama yang sangat indah apabila di dengar telinga.musik juga dapat menghilangkan steres setelah seharian beraktifitas.

Tidak heran banyak orang sampai sekolah keluar negeri hanya ingin belajar dan mendalami ilmu tentang musik. Kali ini saya mau memberi informasi tentang belajar alat musik gitar yang mudah dan cepat. Belajar musik susah-susah gampangtapi menyenangkan dan membuat orang selalu penasaran , bila kita sudah mengenal gitar dan kita sudah mahir tentulah di dunia kita sudah tidak ada yang indah lagi selain memainkan gitar . gitar ada dua macam acoustuk dan elektrik, acoustik adlah gitar yang memiliki tabung suara sehingga apabila gitar di bunyikan tanpa ampli pun akan menghasilkan suara sedangkan gitar elektrik adalah gitar yang tidak memiliki tabung dan apabila tidak di hubungkan dengan ampli suara yang di hasilkan akan pelan berbeda dengan acoustik. Sekarang juga sudah banyak juga merek-merek ternama gitar dan berkualitas bagus dan bersetandar internasional seperti ibanez,rockwell,yamaha,dll. Nah mari kita mempelajari alat musik gitar.
1.       Mensetem gitar
·         Banyak tata cara mensetem gitar namun pada artikel saya bereikut saya akan memberi tata cara mensetem dengan indra pendengaran kita , caranya sangat simple yang mana kita hanya menyamakan petikan dua senar yang berbeda dan freet yang berbeda
·         Contoh: 
       petiklah senar nomer satu dan petik juga senar nomer dua pada freet nomer lima petik keduanya dan paskan sampai suara keduua senar tersebut sama.
dan untuk nomer dua petiklah senar nomer dua tanpa di tekan atau los senar dan tekan juga senar nomer tiga pada fret nomer empat dan petik secara bersamaan .

nomer tiga petiklah senar nomer tiga los senar dan dan petik juga senar nomer empat dan tekan fret nomer lima petik kedua senar secara bersamaan.
Nomer empat petiklah senar nomer empat lalu petik juga senar nomer lima dengan menekan freet nomer lima petik keduanya dan paskan sampai terdengar sama.

Nomer lima petiklah senar nomer lima los senar dan petik juga senar nomer enam dengan menekan freet nomer enam dan pastikan nada sama.
untuk menyetem senar nomer enam kita samakan saja suaranya dengan nomer satu karna nada kedua senar tersebut sama hanya saja senar nomer enam memiliki nada rendah sedangkan senar nomer satu memiliki nada tinggi.

Catatan: intinya kita hanya menyamakan los senar dengan nada nomer lima pada senar yang berbeda dan semua itu harus memiliki  nada yang sama .
2.       Mengenal kunci dasar
·         Ada banyak kunci dasar berbada mayor dan minor mayor yang berarti satu nada sedangkan minor setengah nada. Berikut urutan tangga nada mayor C,D,E,F,G,A,B sedangkan utuk mengubah nada tersebut menjadi minor kita hanya perlu mengurangi nada menjadi setengah nada. Dan berikut diagram cordnya.





                                   










3.       Mencari kunci sebuah lagu
·         Untuk dapat mencari kunci sebuah lagu kita harus mempunyai pendengaran yang tajam dan peka serta membutuhkan konsentrasi tinggi.untuk mencari sebuah lagu pilih dahulu lagu yang ingin di cari kunci gitarnya , putar lagu tersebut dan perhatikan nada kuncinya biala sudah ada gambaran dalam pikiran anda silahkan paskan dengan semua kunci dan carilah yang bernada sama. Sedangkan untuk pemula memang agak susak mencari sebuah kunci lagu dengan car tersebut dan untuk para pemula tidak ada salahnya anda membeli buku tentang kunci gitar sebuah lagu atau anda juga dapat mencarinya di situs Google mbah google siap mengabulkan apa yang anda mau heheh.

     semua tehnik tersebut di peruntungkan untuk anda .mencari kunci sebuah lagu paling baik adalah dengan pendengaran di mana kita tidak tergantung dengan buku dan kita juga bisa menguasai semua lagu yang kita sukai hanya dengan mendengarkan saja . untuk bisa mahir gitar biasanya membutuhkan waktu lama tergantung dari seberapa anda menekuninya . biasanya paling cepat satu bulan sudah bisa. Tapi untuk menguasai tehnik mencari sebuah kunci dengan menggunakan pendengaran biasanya lama di karnakan tingkat kesulitanya.apbila anda sudah menguasai tehnik tersebut berarti anda sudah bisa di katakan mahir.



Intinya ketekunan dan mengolahnya setiap hari minimal satu jam agar jari lentur. Nah sekian informasinya apabila ada kesalahan penyampaian saya minta maaf dan monggo di komen apa bila anda suka monngo di share.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Belajar GITAR"

Back To Top