Mengenal Musik Hadrah


hadroh menurut bahasa adalah berasal dari bahsa arab yaitu hadara yang berarti kehadiran. di indonesiia sendiri musik hadroh sering di gunakna untuk mengiringi sebuah sholawat dan pujian-pujian kepada ALLAH SWT yag mana alat musik hadrah atau rebana biasanya terbuat dari kayu dan bagian depanya menggunakan kulit binatang seperti kambing,sappi,dan lembu. hadrah di indonesia sering di tampilkan dalam acara maulidan nabi saw hadrah . hadrah sendiri belum jelas kapan pertama kali masuk ke indonesia yang pasti penggunaan rebana sudah ada pada jaman wali songo yang mana wali songo menggunakan alat tersebut sebagai media dakwah dan mengucapkan lantunan ayat suci al-quran. hadrah sangat populer di daerah jawa tengah yang mana setiap datangya maulid nabi selalu di tampilkan sebuah grup hadrah sebagai hiburan dan sekaligus pembuka acara. memainkan hadrah juga bisa meningkatkan ke imanan kita kepada Allah yang mana di karnakan syair yang terdapat dalam hadrah adalah berisi tentang pujian kepada Allah dan rosulnya yaang mana haal terebut membuat kita semakin cinta kepada Allah.

selain di pentaskan dalam acara maulidan hadrah juga sering di tampilkan dalam acara yang lain yaitu seperti tabligh akbar, tahun baru hijriyah dan acra besar islam yang lainya dan tidak cuman itu di indonesia rabana juga sering di tampilkan sebagai pengiring sebuah acara sunatan,kelahiran, pernikahan dan acara kesenian yang lain. rabana juga bisa memberikan kedamaian tersendiri bagi pemainya ynag mana kita selalu menyebut nama Allah dalm setiap permainan yang mana di situlah timbul kedamaian  yang luar biasa. pada tahun 80-an indonesia mempunyai grup kasidah rabana  yang mana grup rebana tersebut di sambut baik oleh masyarakat dan banyak lagunya di nyanyikan dalam acara pengajian grup kasidah rebana tersebut memang sangat sukses dan mendapat sambutan hangat dari masyaraat kususnya musilim indonesia. 

grup kasidah rabana tersebut di beri nama nasida ria banyak karyaanya yang sangat populer di indonesia salah satunya adalah perdamaian yang pernah di populerkan kembali oleh grup pop GiGI. Gigi mengaransemen ulang lagu tersebut menjadi lagu yang bertempo cepat hal tersebut di lakukan oleh gigi agar anak muda bisa menikmati lagu rebana namun dengan versi yang sudah di  rubah dengan ciri khas musik GiGi.

selain nasida ria ada juga  musik rebana kosidah yang beraliran pop yang sangat populer di indonesia yaitu hadad alwi banyak karya nya yang sangat terkenal di indonesia seperti umi,marhaban ya ramadhan dll. lagu hadad alwi juga sangat sering di tampilkan dalm acara besar islam. hadad alwi juga pernah berkoloborasi dengan sulis yang mana vokal mereka sangat cocok ketika di padukan.

nah itu saja yang bisa saya sampaikan tentang rebana semoga bermanfaat bagi anda sampai jumpa kembali dalam informasi yang lain
Tag : info
0 Komentar untuk "Mengenal Musik Hadrah"

Back To Top